Kualifikasi Euro 2020 : Belgia, Kroasia, Belanda Raih 3 Angka

Runner up Piala Dunia 2018 Kroasia, peringkat ketiga Piala Dunia Belgia, dan Belanda memulai kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2018 dengan kemenangan.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 22 Maret 2019  |  06:05 WIB
Kualifikasi Euro 2020 : Belgia, Kroasia, Belanda Raih 3 Angka
Penyerang Timnas Belanda Memphis Depay setelah mencetak gol ketiga timnya, atau gol keduanya, ke gawang Belarusia. - Reuters/Piroschka van de Wouw

Bisnis.com, JAKARTA – Runner up Piala Dunia 2018 Kroasia, peringkat ketiga Piala Dunia Belgia, dan Belanda memulai kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2018 dengan kemenangan dalam pertandingan pada Jumat (22/3/2019) pagi WIB.

Di Stadion Maksimir di Zagreb, dalam pertandingan Grup E, tuan rumah Kroasia sempat dikejutkan gol Azerbaijan pada menit ke-19 yang dicetak Ramil Seydayev, tetapi mampu bangkit melesakkan dua gol balasan melalui Borna Barisic semenit menjelang rehat dan Andrej Kramaric pada menit 79.

Dalam pertandingan lain di Grup E, Slowakia menundukkan Hongaria dengan skor 2 - 0 di Stadion Trnava City Arena.

Sementara itu, di Grup I, Belgia menghantam tamunya Rusia dengan skor 3 - 1 di Stadion Raja Baudoin di Brussels. Setelah Yoeri Tielemans membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-14, Rusia sempat membalas 2 menit kemudian lewat aksi Denis Cherysev.

Namun, Belgia membuktikan lebih kuat ketimbang Rusia dengan memasok dua gol tambahan yang dipersembahkan ujung tombak Eden Hazard melalui eksekusi penalti di ujung babak pertama dan satu lagi ketika pertandingan tinggal tersisa 3 menit.

Dua pertandingan lain di Grup I, Kazakhstan secara mengejutkan menggasak Skotlandia tiga gol tanpa balas, sedangkan Siprus menghabisi San Marino 5 - 0.

Di Grup C, Belanda dan Irlandia Utara membuka perjuangan mereka meraih tiket ke putaran final Euro 2020 dengan kemenangan.

Di Stadion De Kuip di Rotterdam, Belanda menggunduli Belarusia 4 - 0 berkat penampilan cemerlang Memphis Depay yang mencetak dua gol dan memasok dua assist.

Pertandingan bari berjalan 50 detik, Depay telah membawa Belanda unggul. Pada menit ke-21 assist Depay dimaksimalkan Georginio Wijnaldum untuk mengubah skor menjadi 2 - 0.

Memasuki babak kedua, berjalan 10 menit, Depay sukses mengeksekusi penalti menjadi gol dan bek Virgil van Dijk mencetak gol keempat 5 menit menjelang laga usai.

Di laga lain di Grup C, di Stadion Windsor Park di Belfast, Irlandia Utara menekuk Estonia 2-0 lewat gol-gol Nialla McGinn (56’) dan penalti Steven Davis (75’).

Di Grup G, Polandia juga memulai upaya mereka lolos ke putaran final Euro tahun depan dengan kemenangan. Robert Lewandowski dan kawan-kawan menundukkan tuan rumah Austria dengan skor tipis 1 - 0 di Stadion Ernst Happel di Wina.

Satu-satunya gol Polandia dihasilkan ujung tombak Krzysztof Piatek pada menit ke-68 atau hanya 9 menit setelah masuk menggantikan Piotr Zielinski.

Hasil dua pertandingan lainnya di Grup G, Slovenia menahan imbang tuan rumah Israel 1 - 1 dan Macedonia Utara (dahulu Macedonia) menundukkan Latvia 3 - 1.

Untuk melihat jadwal kualifikasi Euro 2020 selanjutnya, sila klik di sini.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas rusia, timnas belanda, Timnas Belgia, Timnas Kroasia, Timnas Polandia, Euro 2020

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top