Van Marwijk Ditunjuk Tangani Timnas Uni Emirat Arab

Mantan pelatih Timnas Belanda, Arab Saudi, dan Australia Bert van Marwijk ditunjuk untuk menggantikan Alberto Zaccheroni untuk menukangi Timnas Uni Emirat Arab (UEA).
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 21 Maret 2019  |  16:29 WIB
Van Marwijk Ditunjuk Tangani Timnas Uni Emirat Arab
Bert van Marwijk - Reuters/Felix Ordonez

Bisnis.com, JAKARTA – Mantan pelatih Timnas Belanda, Arab Saudi, dan Australia Bert van Marwijk ditunjuk untuk menggantikan Alberto Zaccheroni untuk menukangi Timnas Uni Emirat Arab (UEA).

Asosiasi sepak bola UEA mengumumkan penunjukan pelatih berusia 66 tahun itu pada Kamis (21/3/2019) WIB, 7 pekan setelah Zaccheroni dari Italia dipecat setelah tuan rumah tersingkir dari Piala Asia oleh Qatar—yang kemudian tampil sebagai juara—di semifinal.

Van Marwijk membawa Belanda ke final Piala Dunia pada 2010 dan, yang lebih penting mungkin bagi UEA, juga membawa Arab Saudi ke kualifikasi untuk putaran final Piala Dunia tahun lalu.

Mantan pelatih Feyenoord, Borussia Dortmund, dan Hamburg SV itu dilepas Saudi sebelum putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah perselisihan mengenai syarat dan ketentuan. Dia akhirnya memimpin Australia, tapi kandas di fase grup di Rusia.

UEA hanya satu kali lolos ke putaran final Piala Dunia yakni pada 1990, tetapi dapat menjadi tuan rumah beberapa pertandingan di Piala Dunia 2022 jika keretakan politik dan ekonomi dengan Qatar pulih dan Federation Internationale de Football Association (FIFA) memutuskan untuk mengadakan melibatkan 48 tim di putaran final turnamen paling akbar itu 3 tahun mendatang.

Van Marwijk merupakan eks-gelandang Timnas Belanda walaupun hanya memiliki satu caps yang didapatkannya pada 1975.

Sebagai pemain, waktu terlama dihabiskannya bersama MVV Maastricht, yang kini bermain di Eerste (divisi 2) Belanda yakni pada 1978 – 1986.

Dia memulai karier pada 1969 di Go Ahead Eagles dan pada 1975 memperkuat az Alkmaar selama 3 tahun sebelum pindah ke MVV. Dua klub Belanda lainnya yang pernah mendapatkan jasanya ialah Fortuna Sittard dan FC Assent.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas belanda, Timnas UEA

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top