Werder Bremen Tak Lepas Yuya Osako untuk Bela Jepang di Copa America

Werder Bremen tidak akan melepas pemain depan asal Jepang Yuya Osako untuk Copa America pada Juni karena khawatir pemain berusia 28 tahun itu kelelahan.
M. Syahran W. Lubis | 13 Februari 2019 17:03 WIB
Pemain Timnas Jepang Yuya Osako ketika tampil di Piala Asia 2019. - Reuters/Damir Sagolj

Bisnis.com, JAKARTA Werder Bremen tidak akan melepas pemain depan asal Jepang Yuya Osako untuk Copa America pada Juni karena khawatir pemain berusia 28 tahun itu kelelahan setelah membela tim nasional, kata klub Bundesliga tersebut pada Rabu (13/2/2019).

Osako, yang tampil di Piala Dunia tahun lalu di Rusia, kembali ke Jerman setelah mencetak empat gol untuk timnas berjuluk Samurai Biru di Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab. Jepang tampil sebagai runner up turnamen tersebut setelah dikalahkan Qatar di final.

"Kami paham Yuya layak bermain di semifinal dan final Piala Asia, tetapi nyatanya belum bisa bermain lagi untuk kami sejak kembali ke Bremen [karena tidak bugar]. Tentu saja kami tidak senang dengan situasi ini," kata direktur olahraga klub Frank Baumann.

Jepang diundang untuk bermain di Copa America yang digelar di Brasil mulai 14 Juni.

Bremen mengatakan mereka telah memberi tahu Asosiasi Sepak Bola Jepang tentang keputusan mereka. "Baik asosiasi nasional dan Werder Bremen tidak ingin salah satu pemain terpenting Jepang kelelahan," tambah Baumann.

Copa America merupakan turnamen antarnegara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederacion Sudamericana de Futbol/Conmebol) yang beranggotakan 10 negara, tetapi sejak 1993 selalu mengundang dua tim tamu sehingga perhelatan tersebut diikuti 12 tim.

Meksiko, anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf) menjadi satu-satunya tim di luar Conmebol yang selalu ikut Copa America sejak 1993 meski tak pernah tampil sebagai juara. Prestasi terbaik Meksiko ialah runnerup pada edisi 1993 di Ekuador dan 2001 di Kolombia.

Untuk tahun ini, Meksiko tidak dilibatkan karena mereka tidak merespons dengan cepat undangan dari Conmebol. Sebenarnya Conmebol telah mengirim undangan itu, juga untuk Amerika Serikat, yang juga lambat memberikan respons.

Sementara itu, Jepang pernah diundang untuk edisi 1999 di Paraguay, tetapi kandas di fase grup.

Tahun ini Jepang masuk Grup C bersama tim unggulan Uruguay, Ekuador, dan juara bertahan Chile. Grup A diisi tuan rumah Brasil, Bolivia, Peru, dan Venezuela, sedangkan Grup B diisi Argentina sebagai unggulan, bersama Kolombia, Paraguay, dan Qatar yang juga berstatus tim undangan dan juara Asia.

Sumber : Reuters, Conmebol.com, & OneFootball.com

Tag : copa america, timnas jepang, Piala Asia 2019, Werder Bremen
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top