Asrama Kamp Pelatihan Klub Kondang Brasil Terbakar, 10 Pemain Tewas

Kebakaran menerpa asrama di kamp latihan klub kondang Brasil Flamengo di Rio de Janeiro, menewaskan sedikitnya 10 orang.
M. Syahran W. Lubis | 09 Februari 2019 07:12 WIB
Fans Flamengo menabur bunga di pintu masuk kamp latihan klub selepas kebakaran menewaskan 10 pemain belia. - Reuters/Ricardo Moraes

Bisnis.com, JAKARTA – Kebakaran menerpa asrama di kamp latihan klub kondang Brasil Flamengo di Rio de Janeiro pada Jumat (8/2/2019) petang hingga malam WIB, menewaskan sedikitnya 10 orang pemain belia.

Api menyapu pemondokan ilegal di pusat pelatihan Flamengo, menewaskan 10 anggota tim muda klub dan melukai tiga lainnya, salah satunya serius, demikian info dari petugas pemadam kebakaran yang dikutip media setempat.

Semua 10 orang yang tewas berusia antara 14 dan 16 dan baik bermain untuk klub atau sedang menjalani uji coba di tim tersebut, demikian dilaporkan laman Globo Brasil.

Tiga pemain yang terluka dibawa ke rumah sakit, salah satunya dalam kondisi serius dengan luka bakar di 30 persen di sekujur tubuhnya, demikian pernyataan singkat Flamengo.

Kantor Wali Kota Rio de Janeiro mengatakan asrama yang dihancurkan oleh kobaran api itu dibangun di atas tanah yang tidak terdaftar untuk bangunan dan klub tidak memiliki izin untuk mendirikan penginapan di sana.

Pada protokol proyek, daerah itu digambarkan sebagai tempat parkir. Tidak ada daftar permintaan baru untuk lisensi untuk menggunakan daerah itu sebagai asrama," demikian pernyataan kantor wali kota.

Petugas pemadam kebakaran menceritakan mereka tiba di Ninho do Urubu, pusat pelatihan canggih yang diperluas dan baru dibuka 2 bulan lalu, tak lama setelah jam 5 pagi (Jumat petang WIB) dan menemukan bangunan dilalap api.

Laporan-laporan berita menjelaskan kebakaran terjadi di salah satu bagian yang lebih tua dari pusat yang akan dihancurkan. Tidak diketahui apakah alarm asap dipasang di dalam gedung, yang memiliki atap logam yang tampak bengkok dan hangus karena kobaran api.

Sebanyak 13 orang berhasil melarikan diri dari gedung yang terbakar, tetapi keganasan api membuat petugas pemadam kebakaran tidak bisa memasuki fasilitas itu.

"Kami hanya bisa menyelamatkan para korban yang ada di luar. Tempat itu benar-benar dikuasai api. Kami telah mencoba masuk untuk menemukan orang-orang masih hidup, tapi di dalam kami hanya menemukan mayat," papar petugas pemadam kebakaran Letkol Douglas Henaut.

Dia tidak bisa menyebutkan asal api dan menyatakan hal itu memerlukan penyeledikan lebih lanjut.

Flamengo adalah juara dunia antarklub (Intercontinental Cup) edisi 1981 setelah menaklukkan jagoan Liga Primer Inggris Liverpool dengan skor telak 3 - 0 di Tokyo, Jepang, dengan man of the match pemain legendaris Arthur Antunes Coimbra yang lebih dikenal sebagai Zico.

Sebelumnya pada tahun yang sama Flamengo menjuarai Copa Libertadores dengan mengalahkan klub Cile Cobreloa.

Flamengo, yang saat ini dilatih Abel Braga, eks-bek Timnas Brasil, lima kali tampil sebagai juara Campeonato Brasileiro Série A, kompetisi teratas di Brasil, terakhir kali 10 tahun lalu.

Saat ini Serie A Brasil belum bergulir kembali setelah musim terakhir rampung pada awal Desember tahun lalu dengan Flamengo finis di peringkat kedua di bawah Palmeiras.

Sumber : Reuters

Tag : copa libertadores, Flamengo
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top