Hasil Piala Asia: Saudi, Iran, Irak Lolos ke 16 Besar

Arab Saudi, Irak, dan Iran melaju ke 16 besar Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab (UEA) setelah meraih kemenangan dalam rangkaian pertandingan matchday kedua
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 13 Januari 2019  |  01:11 WIB
Hasil Piala Asia: Saudi, Iran, Irak Lolos ke 16 Besar
Pemain Arab Saudi melakukan sujud syukur setelah menaklukkan Lebanon 2 - 0 dan memastikan lolos ke 16 besar Piala Asia 2019. - Reuters/Suhaib Salem

Bisnis.com, JAKARTA – Arab Saudi, Irak, dan Iran melaju ke 16 besar Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab (UEA) setelah meraih kemenangan dalam rangkaian pertandingan matchday kedua yang digelar mulai Sabtu (12/1/2019) malam WIB hingga Minggu (13/1/2019) dini hari WIB.

Dalam laga Grup E di Stadion Al Maktoum di Dubai, Arab Saudi menekuk Lebanon dengan skor 1 - 0 melalui kontribusi gol Fahad Al Muwallad (12’) dan Housain Al Mogahwi (67’).

Dengan kemenangan itu, Saudi telah mengumpulkan nilai 6 dan menduduki posisi teratas klasemen sementara Grup E serta dipastikan lolos ke 16 besar seridaknya sebagai runner up grup.

Posisi klasemen sementara, Saudi teratas dengan nilai 6 dari dua pertandingan, diikuti Qatar nilai 3 dari satu pertandingan, di tempat ketiga dan keempat diisi Lebanon dan Korea Utara, tanpa nilai. Lebanon telah bermain dua kali, sedangkan Korut sekali.

Korut akan berhadapan dengan Qatar pada Minggu malam WIB dalam pertandingan kedua matchday kedua. Jika Qatar menang, mereka akan mendampingi Saudi lolos ke 16 besar.

Jika Korut kalah, sama halnya dengan Lebanon, sehingga dua kali kalah, kans ke 16 besar tetap terbuka dengan status salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup.

Sementara itu, Irak dan Iran lolos ke 16 besar sebagai wakil dari Grup D. Pada Sabtu malam, di Stadion Al Nahyan di Abu Dhabi Iran menundukkan Vietnam 2 - 0 lewat gol yang diborong Sardar Azmoun pada menit ke-38 dan 69.

Sementara itu, di Stadion Sharjah di Kota Sharjah Irak mengatasi Yaman 3 - 0 dengan gol-gol dicetak Mohanad Ali (11’), Bashar Resan (19’), dan Alaa Abbas (90’).

Dengan hasil itu, keduanya mendulang nilai 6 dan dipastikan lolos ke 16 besar, sedangkan Vietnam dan Yaman masih memiliki peluang lolos sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik dari enam grup.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Piala Asia 2019, Timnas Arab Saudi, Timnas Iran, Timnas Irak

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup