Hasil Piala Asia, Jepang & Uzbekistan Awali Kemenangan

Jepang dan Uzbekistan membuka perjalanannya di putaran final Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab (UEA) dengan memetik kemenangan dalam pertandingan pembuka Grup F.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 10 Januari 2019  |  00:51 WIB
Hasil Piala Asia, Jepang & Uzbekistan Awali Kemenangan
Para pemain Jepang setelah mencetak gol ketiga ke gawang Turkmenistan. - Reuters/Suhaib Salem

Bisnis.com, JAKARTA – Jepang dan Uzbekistan membuka perjalanannya di putaran final Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab (UEA) dengan memetik kemenangan dalam pertandingan pembuka Grup F.

Di Stadion Al Nahyan di Abu Dhabi, pada Rabu (9/1/2019), Jepang mengatasi perlawanan Turkmenistan dengan skor tipis 3 – 2 meski sempat tertinggal satu gol hingga babak pertama berakhir.

Turkmenistan mengejutkan Jepang, yang lolos ke 16 besar Piala Dunia tahun lalu di Rusia, dengan gol pembuka pada menit ke-26 yang disarangkan Arslanmyrat Amanov. Skor 1 - 0 bertahan hingga rehat.

Memasuki babak kedua, Jepang bangkit dengan menggelontorkan tiga gol melalui ujung tombak klub Jerman Werder Bremen Yuya Osako pada menit ke-56 dan 60, serta Ritsu Doan pada menit 71.

Si Hijau, julukan Timnas Turkmenistan, hanya dapat menambah sebiji gol lagi melalui Ahmet Atayev, itu pun dari titik penalti, pada menit ke-79 sehingga skor akhir 3 - 2 untuk Samurai Biru, julukan Jepang.

Sekadar catatan tambahan, Ahmet Atayev, 28 tahun, merupakan gelandang klub Liga 1 Indonesia Persela Lamongan dan sebelumnya bermain untuk klub Jawa Timur lainnya, Arema FC.

Di laga lain di Grup F, Uzbekistan mengatasi Oman dengan skor tipis 2 - 1 di Stadion Sharjah di Kota Sharjah.

Serigala Putih, julukan Timnas Uzbekistan, membuka keunggulan pada menit ke-34 melalui tendangan bebas gol Odil Akhmedov dari jarak 25 meter, tetapi sempat disamakan Oman melalui Muhsen Al Ghassani pada menit ke-72.

Uzbekistan pada akhirnya tampil sebagai pemenang setelah Eldor Shomurodov berhasil melesakkan gol kedua ke gawang Oman yang dikawal kiper Faiyz Al Rashidi.

Gol ini merupakan aksi individu Shomurodov yang berlari menggiring bola dari luar vkotak penalti hingga ke depan gawang Oman dan menyontek bola dari sudut sempit.

Namun, kemenangan Uzbekistan juga dibantu oleh aksi tidak sportif yang dilakukan pemain belakang Egor Krimets.

Oman punya kesempatan besar mencetak gol pada waktu tambahan babak kedua, tetapi peluang menjebol gawang Uzbekistan melalui Muhsen Al Ghassani digagalkan pelanggaran Krimets saat mendekati garis penalti.

Krimets menarik Muhsen Al Ghassani dan tendangan bebas gagal dikonversi Oman menjadi gol sehingga skor tetap 2 - 1 untuk Uzbekistan meski Krimets harus menerima kartu merah dari wasit Ko Hyung-jin (Korea Selatan).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas jepang, Piala Asia 2019, Timnas Uzbekistan

Sumber : Reuters & The-AFC.com

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup