Indra Sjafri Beri Saran untuk Pembinaan Sepak Bola Indonesia

Indra Sjafri Beri Saran untuk Pembinaan Sepak Bola Indonesia
Newswire | 29 Oktober 2018 13:49 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri (kiri) memimpin latihan skuat asuhannya - Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri menyatakan ada perbedaan nyata dari dua tim nasional yang ia tangani. Pada timnas U-19 era Evan Dimas cs, Indra menilai, pemusatan latihan diperlukan karena para pemain tidak mempunyai klub. Oleh sebab itu, program pemusatan latihan menjadi solusinya.

Kini, lanjutnya, hampir semua pemain U-19 sudah bermain untuk klub di Liga 1 atau Liga 2. Bahkan kompetisi sepak bola di level usia 19 tahun sudah bergulir. Indra menyatakan perlu program jangka panjang, komitmen, dan konsistensi untuk meningkatkan level permainan timnas Indonesia muda. "Saya pikir pemusatan latihan jangka panjang (Timnas U-19) tidak perlu, tapi perlu pelatih untuk memantau pemain (di klub)," kata Indra di Jakarta, kemarin.

Sebagai contoh, kata Indra, Jepang sudah mempunyai program jangka panjang. Program itu disesuaikan dengan target Jepang yang ingin menjadi juara dunia pada 2050. Dengan adanya target itu, mantan pelatih Bali United itu menyatakan, Jepang sudah tahu program apa saya yang harus dilakukan untuk mencapai target di 2050.

Indonesia, kata Indra, bisa mengikuti apa yang dilakukan Jepang. Saat ini, menurut dia, federasi secara perlahan sudah terlihat melakukannya. Salah satunya ialah dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas dari pelatih Indonesia. Menurut Indra hal itu penting, sebab bila berkaca kepada negara lain, Jepang saja sudah mempunyai 700 pelatih yang berlisensi A profesional sementara Indonesia belum mempunyainya.

Indra mengatakan sebagai awal federasi bisa menjalankan program jangka panjang dengan menunjuk pelatih timnas yang berkelanjutan. Menurut dia, diperlukan pelatih yang bisa memantau perkembangan pemain selama bermain di klub. "Jadi perlu ada penunjukkan pelatih U-16, U-19, U-23, dan senior. Tidak bisa penunjukkan pelatih dadakan sebelum turnamen," kata dia.

Lebih lanjut, ihwal kelanjutan melatih timnas U-19 Indra Sjafri belum bisa berkomentar. Ia menyatakan ingin rehat sejenak usai turnamen Piala AFC U-19 ini. "Saya mau istirahat dulu," ucapnya.

Sumber : Tempo

Tag : timnas u-19
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top