Kesuksesan Timnas U-16 ke 8 Besar Piala Asia untuk Pesepak Bola Muda

Pelatih Timnas U-16 Indonesia Fakhri Husaini mengingkatkan kepada semua pihak bahwa apa yang dicapai timnya sampai saat ini semata untuk mengembangkan potensi pesepak bola muda, bukan tentang mengangkat harkat-martabat sepak bola Indonesia.
Newswire | 28 September 2018 10:46 WIB
Timnas Indonesia U-16 - PSSI.org

Bisnis.com, KUALA LUMPUR – Pelatih Timnas U-16 Indonesia Fakhri Husaini mengingkatkan kepada semua pihak bahwa apa yang dicapai timnya sampai saat ini semata untuk mengembangkan potensi pesepak bola muda, bukan tentang mengangkat harkat-martabat sepak bola Indonesia.

"Itu pandangan yang keliru. Timnas U-16 ini soal pengembangan pemain muda," ujar Fakhri di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (27/9/2018) malam.

Pelatih asal Aceh itu melanjutkan, tolak ukur prestasi Timans U-16 bukan tentang berapa banyak gelar juara yang diperoleh, melainkan berapa banyak pemain U-16 yang dapat menembus timnas kelompok umur di atasnya.

Meski demikian, Fakhri memaklumi jika harapan masyarakat Indonesia terhadap skuatnya telanjur tinggi, terutama setelah mereka menjuarai Piala U-16 AFF (Asean Football Federation) 2018.

"Namun saya ingatkan, merupakan hal yang terbalik kalau beban tim nasional Indonesia diserahkan sepenuhnya kepada U-16," tuturnya.

Memang, dibandingkan dengan seniornya, prestasi timnas U-16 Indonesia jauh lebih mentereng sejak dibentuk pada 2017.

Selain merengkuh juara di Piala U-16 AFF 2018 yang menjadi gelar pertama Indonesia sepanjang sejarah turnamen itu, Timnas U-16 juga dinobatkan sebagai kampiun Piala U-16 Tien Phong Plastic 2017 di Vietnam dan turnamen sepak bola remaja U-16 Jenesys Jepang-Asean 2018.

Selain juga menjadi yang terbaik kualifikasi Piala U-16 Asia 2018 yakni memimpin Grup G dengan empat kemenangan dari empat pertandingan termasuk men galahkan tuan rumah Thailand 1 – 0 di Bangkok.

Terkini, timnas berjuluk Garuda Asia ini menorehkan catatan apik anyar yaitu pertama kalinya lolos dari babak grup Piala U-16 Asia tahun 2018 setelah terakhir kali itu dilakukan pada 1990 atau 28 tahun silam.

Kepastian melajunya Indonesia ke perempatfinal Piala U-16 Asia 2018 didapatkan usai bermain imbang 0-0 dengan India di laga terakhir Grup C.

Indonesia maju 8 besar Piala U-16 Asia 2018 sebagai juara Grup C setelah mengoleksi 5 poin dari tiga pertandingan.

India juga lolos ke delapan besar sebagai peringkat kedua Grup C setelah sama-sama mengoleksi lima poin dari tiga laga, tetapi kalah selisih gol dari Indonesia.

Di perempat final, Indonesia akan berhadapan dengan peringkat kedua Grup D pada Senin (1/10) di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Sumber : Antara

Tag : Timnas U-16, Piala Asia U-16
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top