Uji Coba di Glasgow, Belgia Habisi Skotlandia

Belgia, peringkat ketiga Piala Dunia 2018, menghabisi tuan rumah Skotlandia dengan skor telak 4 – 0 dalam pertandingan uji coba di Glasgow pada Sabtu (8/9/2018) dini hari WIB.
M. Syahran W. Lubis | 08 September 2018 06:57 WIB
Para pemain Belgia bersuka cita selepas mencetak gol ke gawang Skotlandia. - Reuters/Lee Smith

Bisnis.com, JAKARTA – Belgia, peringkat ketiga Piala Dunia 2018, menghabisi tuan rumah Skotlandia dengan skor telak 4 – 0 dalam pertandingan uji coba di Stadion Hampden Park, Glasgow, pada Sabtu (8/9/2018) dini hari WIB.

Dua dari empat gol tim tamu di hadapan sekitar 20.000 penonton itu dilesakkan Michy Batshuayi pada menit ke-52 dan 60.

Batshuayi, penyerang yang sehari-hari merumput bersama klub La Liga Valencia dengan status pinjaman dari klub Liga Primer Inggris Chelsea, baru masuk pada awal babak kedua menggantikan Romelu Lukaku.

Lukaku, pemain depan milik Mancheter United, membuka keunggulan Iblis Merah, julukan Timnas Belgia, pada menit ke-28. Adapun satu gol lainnya dicetak Eden Hazard dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti ketika babak kedua baru berjalan 49 detik.

Pertandingan ini merupakan pemanasan bagi kedua tim untuk menghadapi UEFA Nations League yang mulai bergulir.

Union of European Football Associations (UEFA) baru pada tahun ini memulai Nations League (Liga Bangsa-Bangsa), kompetisi antartim nasional negara-negara Eropa.

Sebanyak 55 timnas anggota UEFA dibagi menjadi empat divisi yakni League A, B, C, dan D. Di League A yang merupakan kasta tertinggi, akan bertarung 12 tim terkuat di Eropa.

UEFA akan memberlakukan pola promosi dan degradasi antar-League. Dengan demikian pelaksanaan Nations League ini tidak jauh berbeda dengan sistem kompetisi sepak bola reguler domestik.

Untuk League A, pesertanya dibagi menjadi empat grup. Grup 1 diisi Jerman, Prancis, Belanda. Grup 2 Belgia, Swiss, Islandia. Grup 3 Portugal, Italia, Polandia, serta Grup 4 Spanyol, Inggris, dan Kroasia.

Empat tim juara setiap grup lolos ke Nations League Finals, sedangkan empat tim penghuni dasar klasemen degradasi ke League B. Hal serupa diberlakukan terhadap League B, C, dan D.

Skotlandia masuk ke League C, berada di Grup 1 bersama Albania dan Israel. Pada Selasa (11/9/2018) dini hari WIB, Skotlandia akan menjamu Albania.

Sementara itu, berselang 24 jam kemudian, Belgia akan bertandang ke Islandia untuk memulai pertarungan di Grup 2 League A. Untuk melihat jadwal lengkap League A sila klik di sini.

Sumber : Reuters

Tag : Timnas Skotlandia, Timnas Belgia
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top