UEFA Nations League Dimulai, Jerman vs Prancis 0 – 0

Dua juara Piala Dunia dua edisi terakhir, Jerman dan Prancis, bermain imbang tanpa gol dalam pertandingan bersejarah pembuka UEFA Nations League pada Jumat (7/9/2018) dini hari WIB.
M. Syahran W. Lubis | 07 September 2018 06:25 WIB
Kiper Prancis Alphonse Areola membuat penyelamatan gemilang atas tekanan Jerman dalam laga pembuka UEFA Nations League. - Twitter@equipedefrance

Bisnis.com, JAKARTA – Dua juara Piala Dunia dua edisi terakhir, Jerman dan Prancis, bermain imbang tanpa gol dalam pertandingan bersejarah pembuka UEFA Nations League pada Jumat (7/9/2018) dini hari WIB.

Jerman, juara Piala Dunia 2014 di Brasil, dan Prancis, juara Piala Dunia 2018 di Rusia, menjadi dua tim pertama yang menorehkan catatan sebagai yang pertama kali memainkan pertandingan di kompetisi sepak bola antarbangsa Eropa yang baru diselenggarakan pada musim 2018 – 2019.

Pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps memasang 10 pemain yang menjuarai Piala Dunia 2018 ketika memulai kick-off dengan hanya penjaga gawang sekaligus kapten Hugo Lloris yang absen akibat cedera dan posisinya digantikan oleh Alphonse Areola.

Penjaga gawang Paris Saint-Germain itu pun berhasil melakukan penyelamatan gemilang dengan mengeblok peluang Jerman dari jarak dekat pada menit ke-72 sehingga bisa membawa pulang satu angka dari Allianz Arena di Munchen.

Pertandingan Jerman versus Prancis ini menjadi bagian dari laga Grup 1 Nations League level A. Yang juga berada di Grup 1 League A ialah Belanda yang pada saat bersamaan memainkan uji coba melawan Peru dengan kemenangan 2 – 1.

Union of European Football Associations (UEFA) membagi 55 timnas anggotanya menjadi empat divisi yakni League A, B, C, dan D, Di League A yang merupakan kasta tertinggi, akan bertarung 12 tim terkuat di Eropa.

UEFA Nations League akan memberlakukan pola promosi dan degradasi antar-League. Dengan demikian, pelaksanaan Nations League ini tidak jauh berbeda dengan sistem kompetisi sepak bola reguler domestik.

Untuk League A, pesertanya dibagi menjadi empat grup. Grup 1 diisi Jerman, Prancis, Belanda. Grup 2 Belgia, Swiss, Islandia. Grup 3 Portugal, Italia, Polandia, serta Grup 4 Spanyol, Inggris, dan Kroasia.

Empat tim juara setiap grup lolos ke Nations League Finals, sedangkan empat tim penghuni dasar klasemen degradasi ke League B. Hal serupa diberlakukan terhadap League B, C, dan D.

Untuk melihat jadwal lengkap Nations League A sila klik di sini.

Sumber : Reuters & Soccerway

Tag : timnas jerman, timnas prancis, UEFA Nations League
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top