Clarence Seedorf Pimpin Timnas Kamerun

Mantan gelandang Timnas Belanda Clarence Seedorf ditunjuk sebagai pelatih baru Timnas Kamerun dan akan didampingi oleh mantan rekan setim sekaligus kompatriotnya Patrick Kluivert.
Newswire | 05 Agustus 2018 11:21 WIB
Clarence Seedorf - Reuters/Sergio Perez

Bisnis.com, YAOUNDE – Mantan gelandang Timnas Belanda Clarence Seedorf ditunjuk sebagai pelatih baru Timnas Kamerun dan akan didampingi oleh mantan rekan setim sekaligus kompatriotnya Patrick Kluivert.

Penunjukan dua orang ini diumumkan oleh Menteri Olahraga dan Pendidikan Fisik Kamerun, Pierre Ismael Bidoung Mkpatt, setelah sejumlah pembicaraan dengan mantan pelatih Timnas Inggris Sven-Goran Eriksson gagal mencapai kesepakatan.

Seedorf mengambil alih posisi ini dari pria Belgia Hugo Broos, yang memimpin tim untuk secara mengejutkan menjuarai Piala Afrika 2017, tetapi dipecat pada November setelah gagal mengamankan tiket ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Sejak saat itu, Alexandre Belinga bertindak sebagai pelatih sementara.

Kamerun akan berupaya mempertahankan gelar Piala Afrika mereka di kandang sendiri pada Juni tahun depan, ujian besar pertama bagi tim manajemen yang baru.

Seedorf, 42 tahun, akan melatih timnas untuk pertama kalinya setelah ia memiliki pengalaman yang terbatas dalam kepelatihan, termasuk masa kerja yang singkat di raksasa Serie A Italia AC Milan, klub China Shenzen, dan kontestan La Liga Spanyol Deportivo La Coruna.

Total dia memimpin tim-tim itu dalam 52 pertandingan, tetapi hal itu masih jauh dibandingkan karier bermainnya yang begitu gemerlap, yang paling dikenang adalah saat membela Ajax Amsterdam, Real Madrid, dan AC Milan, menjuarai Liga Champions di setiap klub tersebut.

Seedorf juga telah 87 kali membela timnas Belanda sepanjang 1994 sampai 2008.

Karier mantan penyerang Kluivert juga mencakup Ajax, di mana ia menjadi juara Liga Champions bersama Seedorf di Milan, dan yang paling dikenang adalah di Barcelona di mana ia menghabiskan enam musim di sana.

Dia merupakan asisten pelatih Timnas Belanda Louis van Gaal pada 2012 sampai 2014, dan belakangan sempat menangani tim negara koloni Belanda, Curacao.

Federasi Sepak Bola Kamerun belum mengeluarkan pengumuman resmi mengenai posisi pelatih kepala yang lowong, tetapi para pelatih di Afrika biasanya ditunjuk oleh pemerintah.

Sumber : Antara/Reuters

Tag : Timnas Kamerun
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top