Javier Aguirre Tangani Mohamed Salah Dkk. di Timnas Mesir

Javier Aguirre Onaindia ditunjuk melatih Timnas Mesir menggantikan Hector Cuper, yang kontraknya selesai pada akhir Piala Dunia 2018.
M. Syahran W. Lubis | 03 Agustus 2018 00:54 WIB
Pelatih Timnas Besir Javier Aguirre - Reuters/Thomas Peter

Bisnis.com, JAKARTA – Javier Aguirre Onaindia ditunjuk melatih Timnas Mesir menggantikan Hector Cuper, yang kontraknya selesai pada akhir Piala Dunia 2018 dan kini dipercaya menangani Timnas Uzbekistan.

Aguirre, berusia 59 tahun dan berkebangsaan Meksiko, bermain di Piala Dunia 1986 yang berlangsung di negaranya dan kemudian melatih timnasnya pada 2010.

Dia kini mendapatkan tantangan baru bersama Mohamed salah dan kawan-kawan dengan berdasarkan kontrak berdurasi 4 tahun dan menerima gaji sebesar US$120.000 (Rp1,74 miliar) per bulan.

Cuper semula diperkirakan bakal mendapatkan kontrak baru dari Asosiasi Sepak Bola Mesir (EFA) setelah berhasil meloloskan negara itu ke putaran final Piala Dunia, pertama kalinya dalam 28 tahun.

Namun kenyataannya, EFA tidak memberi penawaran perpanjangan kontrak kepada lelaki Argentina itu setelah Mesir selalu kalah di fase grup Piala Dunia 2018, termasuk dari Rusia dan Arab Saudi, dua tim dengan peringkat FIFA (Federation Internationale de Football Association) terendah di ajang tersebut.

Aguirre pernah melatih Timnas Jepang serta sejumlah klub termasuk dua kontestan La Liga Spanyol, Atletico Madrid dan Espanyol.

Tugas pertama Aguirre adalah meloloskan Mesir ke putaran final Piala Afrika 2019. Pertandingan terdekatnya di babak kualifikasi ialah melawan Niger bulan depan.

Sumber : Reuters

Tag : Timnas Mesir
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top