LIGA JERMAN: Rummenigge Serukan Larangan Investor Besar Ambil Alih Klub

Chief Executive Bayern Munich Karl-Heinz Rummenigge mengulangi seruannya untuk Bundesliga agar membatalkan aturan 50 plus satu yang secara efektif melarang investor besar mengambil alih klub.
Martin Sihombing | 30 Juli 2018 19:19 WIB
Karl-Heinz Rummenigge - Reuters

Bisnis.com, BERLIN - Chief Executive Bayern Munich Karl-Heinz Rummenigge mengulangi seruannya untuk Bundesliga agar membatalkan aturan 50 plus satu yang secara efektif melarang investor besar mengambil alih klub.

Peraturan itu melarang investor komersial memiliki lebih dari 49% saham di klub, menghentikan mereka dari mengambil alih klub dan memaksa perubahan terhadap keinginan para pendukung.

Berbicara di sebuah konferensi pers di Miami setelah juara Bundesliga menyelesaikan tur pra-musim, Rummenigge mengatakan  Jerman bukan "pulau terpencil" dan aturan itu mencegah klub Bundesliga dari persaingan di Eropa.

"Perilaku kami dalam hal ini adalah penyebab senyum direndahkan di sini di Amerika Serikat," katanya.

"Semua orang khawatir dan takut  kita akan kehilangan daya saing jika kita membuka pasar. Kebalikannya benar, Jerman akan mendapat manfaat dari itu. Entah kita turun di jalur ini juga atau kita akan membayar harga untuk tidak melakukannya. "

Rummenigge menambahkan: "Kami harus berhenti mempromosikan populisme di republik ini, yang kami dorong ke tingkat yang tidak masuk akal di hampir semua klub Bundesliga, tetapi terutama dalam asosiasi. Jerman bukan pulau terpencil."

Upaya terbaru untuk membatalkan aturan gagal pada  Maret ketika mayoritas dari 36 klub divisi pertama dan kedua memberikan suara mendukung gerakan dari FC St Pauli untuk mempertahankannya.

Aturan ini dikreditkan dengan menjaga harga tiket turun dan stadion penuh, memberikan Jerman salah satu budaya bagi penggemar paling sehat di sepakbola Eropa.

Investor yang telah memiliki kepentingan di klub setidaknya selama 20 tahun dapat meminta pengecualian seperti yang diberikan dalam kasus Bayer Leverkusen dan VfL Wolfsburg.

Pengecualian lainnya adalah Hoffenheim, miliarder perangkat lunak Dietmar Hopp diizinkan untuk mengambil kendali mayoritas pada 2014 setelah berinvestasi secara konsisten selama dua dekade.

Namun, klub-klub Jerman telah berjuang di kompetisi Eropa baru-baru ini dan tidak ada tim Bundesliga yang telah mencapai final Eropa sejak 2013.

Langkah penyisihan grup Jerman di Piala Dunia di Rusia telah menambahkan perasaan bahwa perubahan mungkin diperlukan.

Rummenigge mengatakan Bayern mendukung saran dari Eintracht Frankfurt yang akan memungkinkan setiap klub untuk memutuskan sendiri apakah dia ingin terus mematuhi aturan tersebut.

Sumber : REUTERS

Tag : liga jerman
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top