Hasil Piala AFF U-19: Kalah 1-2 vs Thailand, Indonesia Runner-up Grup A

Indonesia menelan kekalahan dengan skor tipis 1-2 dari Thailand dalam pertandingan terakhir Grup A Piala AFF (Asean Football Confederation) U-19.
M. Syahran W. Lubis | 09 Juli 2018 21:40 WIB
Gelandang serang Timnas Indonesia U-19 Todd Rivaldo Ferre (tengah) - Antara/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia menelan kekalahan dengan skor tipis 1-2 dari Thailand dalam pertandingan terakhir Grup A Piala AFF (Asean Football Confederation) U-19 yang berlangsung di Stadion Gelora Delta di Sidoarjo, Jawa Timur.

Bertarung di Stadion Gelora Delta di Sidoarjo, Jawa Timur, pada Senin (9/7/2018) malam, sebagaimana disiarkan secara langsung oleh Indosiar, anak-anak muda skuat Garuda Muda tampil gagah berani walaupun pada akhirnya dipaksa menyerah 1-2.

Thailand mendominasi jalannya pertandingan sepanjang babak pertama. Paling tidak empat kali pada 45 menit pertama kiper kedua Indonesia, Muchamad Aqil Savik, yang baru kali ini diturunkan pelatih Indonesia Sjafri di turnamen ini, melakukan penyelematan gemilang.

Namun, pada akhirnya Aqil Savik dibobol juga melalui tendangan jarak jauh gelandang Nattawut Chootiwat dari jarak sekitar 20 meter yang bersarang di sudut kanan atas gawang, skor 0-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Thailand tidak menurunkan tensi serangan dan 5 menit berjalan umpan silang Nakin Wisetchat disambut sontekan jarak pendek striker Matee Sarakum untuk menjadikan skor 0-2 untuk keunggulan tamu.

Namun, anak-anak muda Indonesia terus mencoba bangkit. Selama 15 menit terakhir Indonesia mengurung habis pertahanan Thailand dan hasilnya, pada menit ke-84 lahirlah gol satu-satunya bagi skuat Merah Putih.

Bermula dari gocekan Witan Sulaiman di wilayah kiri pertahanan Thailand, bola disodorkan kepada Todd Rivaldo Ferre yang langsung melepas tendangan keras tetapi hanya membentur tiang kanan, bola rebound segera disambar Muhammad Rifad Marasabessy untuk menjebol gawang lawan.

Selepas itu, Indonesia terus mengurung pertahanan Thailand, tetapi gol kedua tak kunjung datang sehingga skor 1-2 untuk Thailand di ujung pertandingan.

Dua laga lain di Grup A yang berlangsung pada Senin ini, Laos melumat Fiolipina 7-2, sedangkan Vietnam dipaksa imbang 2-2 melawan Singapura.

Dengan hasil itu, Thailand menjuarai Grup A dengan nilai 13 dan Indonesia runner up dengan nilai 12. Thailand di semifinal pada 12 Juli akan menghadapi runner up Grup B, sedangkan Indonesia jumpa juara Grup B.

Posisi ketiga milik Vietnam dengan nilai 8, diikuti Laos 6, Filipina 3, dan Singapura 1.

Juara dan runner Grup B belum diketahui karena masih ada dua pertandingan lagi yakni Myanmar melawan Malaysia dan Timor Leste kontra Kamboja. Myanmar, Malaysia, dan Timor Leste masih berpeluang lolos ke semifinal.

Tag : piala aff u-19, timnas u-19
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top