Hasil Piala AFF U-19: Imbangi Malaysia, Timor Leste vs Indonesia di Semifinal?

Timor Leste membuka peluang untuk lolos ke semifinal Piala AFF (Asean Football Federation) setelah mampu menahan imbang Malaysia dengan skor 1-1 di Grup B yang berlangsung pada Minggu (8/7/2018) malam.
M. Syahran W. Lubis | 08 Juli 2018 21:44 WIB
Timnas Timor Leste U-19 - AseanFootball.org

Bisnis.com, JAKARTA – Timor Leste membuka peluang untuk lolos ke semifinal Piala AFF (Asean Football Federation) U-19 2018 setelah mampu menahan imbang Malaysia dengan skor 1-1 di Grup B yang berlangsung pada Minggu (8/7/2018) malam.

Dengan hasil pertandingan di Stadion Gelora Joko Samudro di Gresik, Jawa Timur, itu, Timor Leste belum terkalahkan dalam tiga pertandingan yang mereka jalani, dua di antaranya melawan tim kuat, Myanmar dan Malaysia.

Dalam pertandingan pembuka Grup B pada Senin (2/7/2018), Timor Leste menahan imbang Myanmar dengan skor 2-2 dan menang 1-0 atas Brunei Darussalam pada pertandingan kedua Rabu (4/7/2018).

Dengan raihan tersebut, untuk sementara Timor Leste berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup B dengan nilai 5, sedangkan dua teratas dihuni Myanmar dan Malaysia masing-masing dengan koleksi 7 angka. Dalam laga Minggu (8/7/2018) petang, Myanmar menggilas Brunei Darussalam 7-1.

Namun, Timor Leste menyisakan satu pertandingan yang di atas kertas akan bisa mereka menangi yakni melawan Kamboja yang telah pasti tersingkir pada Selasa (10/7/2018), sementara di laga lain Malaysia dan Myanmar akan bakubunuh.

Jika Timor Leste menang atas Kamboja dengan selisih empat gol, mereka dipastikan lolos ke semifinal sebagai runner up, apa pun hasil pertandingan Myanmar versus Malaysia.

Kemenangan selisih empat gol itu mereka perlukan jika Malaysia versus Myanmar seri. Dalam hal ini, dipastikan Timor Leste jadi runner up. Jika ternyata Malaysia atau Myanmar yang menang, Timor Leste cukup menang satu gol atas Kamboja untuk ke semifinal, juga dengan status runner up.

Timor Leste bisa tampil sebagai juara Grup B apabila Malaysia versus Myanmar seri, dan Timor Leste menang dengan selisih minimal sembilan gol atas Kamboja, yang tentu kemungkinannya bisa disebut kecil.

Di sisi lain, Malaysia wajib menang atas Myanmar untuk memastikan lolos ke semifinal. Jika seri, Harimau Malaya kalah selisih gol dibandingkan dengan Myanmar. Saat ini selisih gol Myanmar 9, sedangkan Malaysia 4.

Kalau menang atas Kamboja, Timor Leste kemungkinan menghadapi skuat Garuda Muda di semifinal yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (12/7/2018).

Indonesia akan tampil sebagai juara Grup A kalau setidaknya seri melawan Thailand dalam pertandingan terakhir Grup A pada Senin (9/7/2018) malam.

Sumber : AseanFootball.org

Tag : piala aff u-19
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top