Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Belgia vs Jepang, Prediksi, Head To Head, Susunan Pemain, Duet Hazard-Lukaku Beraksi?

Belgia akan bertanding ke pertandingan terakhir Piala Dunia, Senin (2/7/2018) atau Selasa (2/7/2018) dini hari pukul 01.00 WIB, melawan Jepang penuh percaya diri, tetapi waspada mengandalkan bakat individu melawan tim yang sama-sama terorganisasi dengan baik tetapi kurang dihargai telah merugikan mereka di masa lalu.
Tim nasional Jepang dalam sesi latihan/Reuters
Tim nasional Jepang dalam sesi latihan/Reuters

Bisnis.com, MOSKOW - Belgia akan bertanding ke pertandingan terakhir Piala Dunia, Senin (2/7/2018) atau  Selasa (2/7/2018) dini hari  pukul 01.00 WIB, melawan Jepang penuh percaya diri, tetapi waspada  mengandalkan bakat individu melawan tim yang sama-sama terorganisasi dengan baik tetapi kurang dihargai telah merugikan mereka di masa lalu.

Kedua tim datang ke fase knock out dari belakang penampilan yang sangat berbeda - Jepang berjalan dengan memalukan melalui kekalahan 1-0 oleh Polandia untuk maju dengan memiliki kartu kuning lebih sedikit daripada Senegal, sementara Belgia melemparkan perhitungan ke angin dan melihat string kedua mereka mengalahkan tim cadangan Inggris 1-0, mempertaruhkan kemungkinan perempat final melawan Brasil.

Tak terkalahkan dalam 22 pertandingan, tim asuhan Roberto Martinez dapat merasa nyaman dengan kemenangan 1-0 atas Jepang dalam pertandingan persahabatan di Belgia November lalu di mana gol mereka dicetak oleh Romelu Lukaku, yang telah mencetak empat gol dalam dua pertandingan di Rusia sejauh ini dan tersedia untuk menghadapi Jepang setelah cedera pergelangan kaki.

HEAD TO HEAD

03 Jun 1999Jepan v BelgiaD0-0Kirin Cup
04 Jun 2002Jepang v BelgiaD2-2FIFA World Cup
31 May 2009Jepang v BelgiaL4-0International Friendly
19 Nov 2013Belgia v JepangL2-3International Friendly
14 Nov 2017Belgia v JepangW1-0International Friendly

Sumber:11x11.com


"Kesempatan menghadapi Jepang dengan mentalitas yang dimiliki grup adalah momen yang sangat positif bagi kami," kata Martinez menjelang pertandingan hari Senin di Rostov-on-Don.

Jepang telah secara dramatis mengubah pelatih mereka sejak tahun lalu - Akira Nishino yang baru masuk  dua bulan lalu - dia memuji tim yang mengalahkan juara grup Kolombia dalam pertandingan pembuka mereka. "Mereka akan menjadi tim yang kompetitif," katanya. "Mereka tahu bagaimana menyakitimu dalam serangan balik."

Nishino telah menjanjikan kinerja yang lebih baik daripada kejenakaan pada tahap selanjutnya melawan Polandia. "(Penggemar) diubah 10 menit dan mereka mungkin mendapat jarak tempuh kurang dari biasanya  80," katanya. "Jadi saya ingin membawa mereka  kembali."

Prediksi Line Up

Belgia 3-4-3:  Thibaut Courtois,  Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Thomas Vermaelen,  Thomas Meunier, Kevin de Bruyne, Axel Witsel, Yannick Carrasco,  Dries Mertens, Romelu Lukaku, Eden Hazard

Jepang 4-2-3-1:  Eiji Kawashima,  Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, Yuto Nagatomo,  Gaku Shibasaki, Makoto Hasebe,  Genki Haraguchi, Shinji Kagawa, Takashi Inui,  Yuya Osako

Setelah banyak perubahan melawan Polandia, Samurai Biru, yang telah dua kali mencapai tahap ini tetapi belum pernah melangkah lebih jauh, harus kembali ke lineup termasuk kapten Makoto Hasebe, Shinji Kagawa (Borussia Dortmund) dan Yuya Osako di lini depan.

Ini adalah tes besar pertama yang kompetitif dari dua tahun Martinez mencoba untuk mengubah "generasi emas" dari bakat individu dengan ego besar di level klub menjadi tim nasional yang akhirnya bisa hidup hingga peringkat lima dunia FIFA.

PIALA DUNIA 2018: Belgia vs Jepang, Prediksi, Head To Head, Susunan Pemain, Duet Hazard-Lukaku Beraksi?

Foto: Timnas Belgia saat melawan Inggris/Reuters

Dengan sembilan gol dan sembilan poin dari tiga pertandingan grup mereka, Belgia akan memasuki tahap akhir berdengung - dan menolak untuk menyesali kemenangan atas Inggris yang membuat mereka berada dalam apa yang terlihat jauh lebih ketat dari hasil imbang,  termasuk melawan Brasil, Prancis.

"Ada keyakinan nyata," kata orang Spanyol itu. "Tidak ada margin kesalahan ... Tapi kita akan melakukan apa yang kita yakini."

Dries Mertens, yang kemungkinan akan kembali bersama Eden Hazard untuk mendukung Lukaku setelah Martinez menurunkan tim cadangan virtual melawan Inggris, mengatakan para pemain sangat sadar  mereka telah tekor dalam empat tahun terakhir.

The Red Devils berhasil lolos pada tahap ini  pada Piala Dunia 2014 melawan Amerika Serikat, menang 2-1 setelah perpanjangan waktu, gelandang Dries Mertens teringat, kemudian kalah 1-0 perempat final ke Argentina.

"Dan ingat pertandingan Wales," katanya tentang kekalahan 3-1  di perempat final Euro 2016 mereka. "Semua orang mengira kami akan pergi - kami pergi. Kami memiliki itu di pikiran kami dan itu memberi kami kekuatan."

 

FAKTA

Belgia bvs Jepang

Rostov Arena, Rostov-on-Don - Kapasitas: 43.472 Kursi

Selasa (3/7) - Pukul 01.00 WIB

Statistik kunci

* Belgia adalah tim dengan skor tertinggi di babak penyisihan grup dan juga memiliki lebih banyak tembakan ke gawang, 22, dibandingkan tim lainnya

* Belgia juga membuat tackle paling sedikit dari tim mana pun di Piala Dunia ini. Mereka hanya membuat 17 tekel, terikat dengan rival Grup G, Inggris dan Senegal

* Jepang, yang maju ke babak 16 besar pada aturan main yang adil, hanya melakukan 28 pelanggaran selama babak penyisihan grup, lebih sedikit daripada tim lainnya

* Kevin de Bruyne dan Jan Vertonghen berada di antara lima pemain Belgia yang sudah satu kartu kuning, sementara Jepang memiliki empat pemain, termasuk kapten Makoto Hasebe, satu kartu kuning. Mereak akan absen di pertandingan berikut jika dapat karu kuning lagi

* Belgia  melewati 16 besar pada dua kesempatan sebelumnya, mencapai perempat final empat tahun lalu di Brasil dan semifinal pada 1986 ketika mereka dikalahkan oleh Argentina yang terinspirasi Diego Maradona

* Jepang  maju ke 16 besar pada tiga kesempatan, tetapi belum pernah mencapai perempat final Piala Dunia

Pertemuan sebelumnya

 

Kedua belah pihak telah bertemu satu kali sebelum di Piala Dunia, ketika Jepang menjadi tuan rumah turnamen pada  2002. Pertandingan penyisihan grup selesai 2-2. Pertemuan terakhir antara kedua tim terjadi pada persahabatan pada November dimana Belgia menang 1-0.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper