Keindahan Piala Dunia: Wahai Orang Korea, Anda Sekarang Warga Meksiko!

Ratusan pendukung Timnas Meksiko menggelar pesta di depan kedutaan besar Korea Selatan di Mexico City selepas tim Asia itu menghempaskan Jerman 2-0 dalam pertandingan Grup F Piala Dunia 2018 di Rusia.
M. Syahran W. Lubis | 28 Juni 2018 04:45 WIB
Fans Timnas Meksiko berpesta bersama warga Korea Selatan di Mexico City. Korsel menang 2-0 atas Jerman dan hasil itu meloloskan Meksiko, yang kalah 0-3 dari Swedia, ke 16 besar Piala Dunia 2018 di Rusia. - Reuters/Gustavo Graf

Bisnis.com, JAKARTA – Ratusan pendukung Timnas Meksiko menggelar pesta di depan kedutaan besar Korea Selatan di Mexico City selepas tim Asia itu menghempaskan Jerman 2-0 dalam pertandingan matchday ketiga atau terakhir Grup F Piala Dunia 2018 di Rusia.

Kemenangan dengan dua gol tercipta pada injury time babak kedua itu sejatinya membuka harapan bagi Korsel untuk melaju ke babak 16 besar bersama Meksiko apabila Meksiko juga berhasil menaklukkan Swedia dalam pertandingan yang digelar secara bersamaan.

Namun, ironisnya hasil 2-0 itu gagal membawa Korsel melaju ke babak 16 besar dan itu hanya membantu Meksiko yang lolos ke fase knock out bersama Swedia yang—terbalik dari harapan Korsel—malahan menang telak 3-0.

Dengan hasil itu, Swedia yang tampil sebagai juara Grup F dengan nilai 6, sama dengan Meksiko tetapi unggul selisih gol 5-2 berbanding 3-4, sedangkan Korsel hanya finis di posisi ketiga dengan nilai 3, unggul selisih gol 3-3 berbanding 2-4 atas Jerman yang juga memiliki nilai sama.

Meskipun Korsel sendiri tersingkir, warga Meksiko berbondong-bondong ke kedutaan negara Asia itu di ibu kota Meksiko untuk menyampaikan rasa terima kasih.

"Terima kasih banyak, Korea luar biasa. Mereka luar biasa," kata Gladys Ison, seorang Meksiko berusia 19 tahun sambil melambai-lambaikan bendera Korsel di luar kedutaan.

Maskapai penerbangan Meksiko, Aeromexico, mengumumkan diskon 20 persen untuk penerbangan dari dan ke Korsel dengan mengatakan: "Kami mencintaimu Korea!"

Lalu lintas membeludak di sekitar kedutaan di lingkungan kelas atas Lomas de Chapultepec karena para penggemar yang gembira melompat-lompat, bersorak, dan minum tequila, mendorong bereaksinya staf diplomatik Korsel, serta menyanyikan lagu-lagu pujian sepak bola Meksiko.

Konsul Kedubes Korsel Park Sun-tae pun akhirnya terpaksa tersenyum—di tengah kenyataan timnya sendiri tersingkir—di pundak para fans yang berteriak-teriak, “Wahai orang Korea, Anda sekarang warga Meksiko!”

Konjen Bjoung-jin Han pun berkata, "Tidak ada perbedaan antara orang Meksiko dan Korea hari ini. Kami merayakan bersama. Staf Meksiko di kedutaan menangis dengan sukacita.”

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top