Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Piala Dunia 2018: Menang 1-0, Kolombia Pulangkan Senegal dan 'Selamatkan' Jepang

Tim nasional Kolombia memastikan satu tiket di babak 16 besar setelah keluar sebagai pemuncak klasemen Grup H dengan menundukkan Senegal 1-0 pada pertandingan yang berlangsung di Samara Arean, Rusia, Kamis (28/6/2018).
Suporter Kolombia/Reuters
Suporter Kolombia/Reuters

Bisnis.com, SAMARA - Tim nasional Kolombia memastikan satu tiket di babak 16 besar setelah keluar sebagai pemuncak klasemen Grup H dengan menundukkan Senegal 1-0 pada pertandingan yang berlangsung di Samara Arean, Rusia, Kamis (28/6/2018).

Gol Kolombia terjadi penit ke-74, sebuah sundulan brilian dan kuat dari bek tengah Barcelona Yerry Mina di sudut dan Senegal tidak bisa menjaganya.

Saat ini  Kolombia  puncak klasemen grup. Senegal  keluar dengan kartu kuning yang lebih banyak dari Jepang. Jepang --yang lolos meski kalah 0-1 dari Polandia di pertandingan lainnya--  hanya empat pemain yang dapat kartu kuning, Senegal ada enam kartu kuning. Padahal, hingga jelang pertandingan, Senegal adalah pemuncak klasemen.

Kartu Kuning Jepang

Makoto Hasebe

 Japan

1

Takashi Inui

 Japan

1

Eiji Kawashima

 Japan

1

Tomoaki Makino

 Japan

1

 Kartu Kuning Senegal

Cheikh N'Doye

 Senegal

1

Youssouf Sabaly

 Senegal

1

Salif Sané

 Senegal

1

M'Baye Niang

 Senegal

2

Idrissa Gueye

 Senegal

1

Pertandingan antara Senegal dan  Kolombia  berlangsung ketat meski akhirnya tanpa tercipta gol hingga babak pertama usai.

Pada pertandingan dengan target lolos babak 16 besar ini kedua tim bermain cepat sejak pertandingan dimulai. Kolombia yang baru mengemas tiga poin terlihat lebih bersemangat menggempur lawan. Peluang langsung didapat lewat tendangan bebas Juan Quintero menit ke-10. Namun tendangannya mampu ditepis kiper Senegal, Khasim Ndiaye.

Setelah Kolombia, giliran Senegal yang menggebrak. Bahkan pada menit ke-16 mendapatkan pinalti setelah Sadio Mane dijatuhkan Davinson Sanchez. Hanya saja pinalti itu dibatalkan setelah sang wasit melihat Video Assistant Referee (VAR). Kondisi ini membuat pemain dan pelatih terlihat kecewa.

Head To Head

31 Mei 2014Kolombia v SenegalS2-2International Friendly
28 Jun 2018Senegal v KolombiaK0-1FIFA World Cup


Dalam kondisi imbang, kedua tim saling bergantian menekan. Senegal yang tampil cukup apik sejak pertandingan Grup H terlihat lebih dominan bahkan beberapa kali mampu mengancam Kolombia yang dikawal oleh David Ospina.

Terlihat tertekan dan kerja lini depan kurang maksimal, pelatih Kolombia, Pekerman membuat kejutan dengan menarik salah satu bintangnya yaitu James Rodriguez dan memasukkan Muriel pada menit 31 Masuknya tenaga baru membuat serangan Kolombia lebih variatif. Namun upaya mencetak gol selalu tertahan barisan pertahanan Senegal yang dimotori Kalidou Koulibaly. Justru peluang didapat oleh Senegal setelah Sadio Mane dilanggar tidak jauh dari kotak 12. Hanya saja upaya dari tendangan bola mati belum membuahkan hasil.

Mendekati akhir babak pertama, Senegal lebih agresif menekan. Kondisi ini membuat pertahanan Kolombia harus bekerja keras. Beruntung hingga babak pertama usai belum ada gol yang tercipta.

Grup H

Tim

M

M

S

K

GM

GK

S

Poin

Kolombia

3

2

0

1

5

2

3

6

Jepang

3

1

1

1

4

4

0

4

Senegal

3

1

1

1

4

4

0

4

Polandia

3

1

0

2

2

5

-3

3

Senegal 16K N'Diaye 21Gassama 6Sané 3Koulibaly 12Sabaly 18Sarr 8Kouyaté 5Gueye 20Keita 10Mané 19Niang

Cadangan:  1Diallo 2Mbengue 4Kara 7Sow 9Diouf 11N'Doye 13A N'Diaye 14Konaté 15Sakho 17B Ndiaye 22Wagué 23Gomis

Kolombia 1Ospina 4Arias 13Mina 23D Sánchez 17Mojica 6C Sánchez 15Uribe 11Ju Cuadrado 20Quintero 10Rodríguez 9Falcao

Cadangan: 2Zapata 3Murillo 5Barrios 7Bacca 12Vargas 14Muriel 16Lerma 18Díaz 19Borja 21Izquierdo 22Jo Cuadrado

Wasit:  Milorad Mazic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper