Doa Rakitic Terkabul, Messi Mandul Argentina Digilas Kroasia 0-3

Doa pemain tengah timnas Kroasia, Ivan Rakitic, terkabul. Lionel Messi mandul dan Argentina digilas Kroasia 0-3 dalam laga Grup D Piala Dunia 2018 Jumat dini hari (22/6/2018).
Sutarno | 22 Juni 2018 07:27 WIB
Ivan Rakitic mencetak gol ketiga sat Kroasia menang 3-0 dari Argentina di babak penyisihan Piala Dunia 2018 di Rusia, Kamis (21/6/2018) atau Jumat (22/6/2018) dini hari WIB - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Doa pemain tengah timnas Kroasia, Ivan Rakitic, terkabul. Lionel Messi mandul dan Argentina digilas Kroasia 0-3 dalam laga Grup D Piala Dunia 2018 Jumat dini hari (22/6/2018).

Pertandingan tersebut digelar di Stadion Nizhny Novgorod Kamis (21/6/2018) pukul 21:00 waktu setempat atau  Jumat dini hari (22/6/2018) pukul 01:00 WIB.

Bukan itu saja, Rakitic bahkan mencetak salah satu dari tiga gol kemenangan Kroasia tersebut.

Tiga gol kemenangan Kroasia tercipta di babak kedua, yaitu oleh Ante Rebic menit 53, Luka Modric menit 80, dan ditutup gol pamungkas Ivan Rakitic di injury time menit 91.

Baca juga: Argentina vs Kroasia, Rakitic: Semoga Lionel Messi Dinaungi Kesialan

Kegembiraan timnas Kroasia tersebut bertolak belakang dengan kubu Argentina yang bertaburan bintang. Bahkan bintang utama sekaligus Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi, tak bisa berbuat banyak menyelamatkan timnya dari kekalahan telak 0-3 tersebut.

Sepertinya doa Rakitic terkabul, karena Messi tampil di bawah harapan dan sepertinya kesialan kembali menemani Messi di laga kedua Argentina di Grup D. Pada pertandingan pertama melawan Islandia, Messi juga gagal mencetak gol kendati mendapat 8 peluang bagus termasuk 1 peluang dari titik penalti dalam laga Argentina kontra Islandia Sabtu (16/6/2018) yang berakhir imbang 1-1.

Pelatih Argentina Jorge Sampaoli mencoba membela Messsi. Menurut dia, kekalahan Argentina 0-3 atas Kroasia bukan karena faktor Messi, melainkan kinerja skuadnya yang kurang kondusif untuk membuat Messi menampilan performa terbaiknya.

“Saya kira karena realitas kondisi skuad kami, hal itu membuat performa brilian Messi seperti tertutup awan,” ujarnya dalam jumpa pers seperti yang dilansir laman fifa.com.

Menurut Sampaoli, kondisi skuad yang diuturunkannya saat melawan Kroasia kurang ideal bagi Messi untuk menunjukkan penampilan primanya.

“Messi mandul karena tim kurang ideal bagi Messi. Sebagai seorang pelatih, saya harus bisa menerima kenyataan ini,” tukas pelatih timnas Argentina itu.

Baca juga: PIALA DUNIA 2018: Kroasia Gilas Argentina 3-0 dan Ke Babak 16

Secara sportif, Sampaoli mengakui kesalahannya dalam meramu tim saat dikalahkan 0-3 oleh Kroasia tersebut.

“Kalau saja saya membuat formasi yang berbeda, hasilnya mungkin akan lebih baik. Jadi tidak realistik kalau kemudian kesalahan dilimpahkan ke penjaga gawang Caballero (yang melakukan kesalahan,sehingga berbuah gol perdana Kroasia,” tutur Sampaoli.

Kegembiraan menyelimuti Timnas Kroasia, karena skuad besutan Zlatko Dalic memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Lagi-lagi, faktor Messi membuat Dalic sangat gembira karena bisa memetik kemenangan 3-0 ketika Argentina diperkuat Messi, yang sekaligus menjadi kapten kesebelasan.

“Kami gembira mampu mengalahkan Argentina yang diperkuat pemain terbaik di dunia, Messi. Kami memainkan laga yang sangat fantastik,” ujar Dalic.

Meskipun demikian, dia menginstruksikan sukadnya untuk tidak lekas puas diri dan kembali membumi.

“Saya langsung menginstruksikan 22 pemain untuk kembali seperti pada awal pertama. Mereka harus lapar dan punya keinginan untuk menang: inilah satu-satunya cara kami untuk mewujudkan segala keingan Timnas Kroasia,” tegas Dalic.

Sumber : fifa.com

Tag : piala dunia 2018
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top