PIALA DUNIA 2018: Kalah Di Partai Perdana, Sejarah Baru Jerman

Juara bertahan membuka sejarah baru yakni pertama kalinya tim Jerman kalah dalam pertandingan pembukaan turnamen ini sejak 1982, ketika Jerman Barat marah oleh Aljazair.
Martin Sihombing | 18 Juni 2018 00:53 WIB
Inilah reaksi Mats Hummels dan Joshua Kimmich usai Jerman kalah 0-1 dari Meksiko di Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Russia - Reuters

Bisnis.com, MOSKOW - Juara bertahan membuka sejarah baru  yakni pertama kalinya tim Jerman kalah dalam pertandingan pembukaan turnamen ini sejak 1982, ketika Jerman Barat marah oleh Aljazair.

Hasil 1-0 dari Meksiko  bisa berubah menjadi kekalahan yang merusak juga. Meskipun Jerman masih akan berharap  untuk mengalahkan Swedia dan Korea Selatan dan lolos ke fase babak sistem gugur sebagai  runner-up di Grup F akan menghadapi pertandingan babak 16 melawan juara Grup E, diprediksi menjadi Brasil.

Situasi itu disebabkan juara bertahan Jerman membuat awal yang buruk bagi upaya mereka untuk memenangkan Piala Dunia back-to-back dengan kekalahan mengejutkan dari Meksiko.

Gol babak pertama Hirving Lozano adalah perbedaan antara kedua belah pihak dalam pertemuan memikat di Moskow, tetapi hasil mengejutkan bukan satu-satunya perhatian untuk pelatih Jerman Joachim Low.

"Moto kami adalah bermain dengan cinta menang dan bukan takut kalah," kata bos Meksiko Juan Carlos Osorio yang senang.

"Meksiko pantas menang," Hummels mengakui, mencatat bagaimana dia dan Boateng bagian membiarkan  terbuka  dan mengatakan tim telah gagal belajar dari kekalahan di pertandingan persahabatan  baru-baru ini ke Austria.

"Jika kita terus seperti ini, saya akan khawatir," tambahnya. "Tapi saya mengharapkan kita untuk meningkatkan."

Jerman menekan pada babak kedua tetapi kesulitan untuk menemukan target. Osorio memperkuat pertahanannya untuk bertahan, menarik Lozano dengan seperempat jam tersisa dan mengirim Rafael Marquez yang berusia 39 tahun di belakang untuk menjadi orang ketiga yang pernah bermain di lima Piala Dunia.

Loew memasukkan Marco Reus di tempat Sami Khedira dan, dengan 10 menit akhir, beralih bek kiri Marvin Plattenhardt untuk striker kedua, Mario Gomez, untuk memperkuat Timo Werner, yang telah gagal membuat banyak tanda di ujung tombak Jerman .

Berikut ini fakta setelah Jerman dipukul 1-0 oleh Meksiko pada pertandingan pembukaan pertahanan Piala Dunia mereka.

* Itu  kekalahan kedua dalam pertandingan pembukaan di putaran final Piala Dunia untuk Jerman (dan Jerman Barat hingga 1994). Pertama datang melawan Aljazair pada  1982 - meski Jerman masih berhasil mencapai final

* Setelah hasil imbang dengan Uruguay pada 1986, Jerman telah memenangkan pertandingan pembuka mereka di masing-masing di tujuh Piala Dunia terakhir

* Jerman telah memenangkan setiap  pertandingan pembuka turnamen mereka sebelumnya di Kejuaraan Eropa dan Piala Dunia sejak Joachim Loew mengambil alih sebagai pelatih pada 2006

* Jerman telah mencetak 20 gol dalam empat pertandingan pembukaan mereka sebelumnya di Piala Dunia

* Ini adalah Piala Dunia kedua berturut-turut di mana sang juara dipukuli di pertandingan pembuka mereka setelah Spanyol kalah 5-1 oleh Belanda di Brasil empat tahun lalu.

* Brasil, pada  2006, adalah satu-satunya juara bertahan di lima edisi terakhir Piala Dunia untuk memenangkan pertandingan pembuka mereka

* Para juara bertahan telah kalah dalam pertandingan pembukaan mereka di empat dari delapan Piala Dunia terakhir dengan Jerman (2018) bergabung dengan Spanyol (2014), Prancis (kalah dari Senegal pada 2002), dan Argentina (kalah dari Kamerun pada 1990) sebagai pecundang

* Meksiko kini menang lima kali dan seri satu dari enam pembuka Piala Dunia terakhir mereka

Meksiko dapat bermimpi untuk menjadi lebih baik dari  catatan konsisten mencapai 16 besar dari enam Piala Dunia terakhir dan mungkin membaik pada perempat final yang terakhir mereka capai pada 1986.

Jerman kini menghadapi Swedia dan Korea Selatan dan harus tetap lolos dari Grup F. Namun, reputasi mereka bukan seperti itu.

"Kami sekarang di bawah tekanan. Kami harus mendapatkan enam poin dari pertandingan berikutnya," kata Kroos. "Kami tidak melakukannya dengan baik. Kami memiliki peluang tetapi tidak mencetak gol." 

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top