PIALA DUNIA 2018: Abdallah Said di Liga Finlandia pertama di Piala Dunia

Gelandang Mesir Abdallah Said disiapkan untuk menjadi pemain pertama dari Finlandia Veikkausliiga untuk bermain di Piala Dunia ketika timnya menghadapi Uruguay di Ekaterinaburg pada hari Jumat (15/6/2018).
Martin Sihombing | 14 Juni 2018 19:52 WIB
Pemain tim nasional Mesir Abdallah Said - Egypt Today

Bisnis.com, SOCHI - Gelandang Mesir Abdallah Said disiapkan untuk menjadi pemain pertama dari Finlandia Veikkausliiga untuk bermain di Piala Dunia ketika timnya menghadapi Uruguay di Ekaterinaburg pada hari Jumat (15/6/2018).

Finlandia tidak pernah lolos ke final turnamen besar, tetapi itu tidak menghentikan Said bergabung dengan Kuopion Palloseura, yang dikenal sebagai KuPS, dengan status pinjaman ketika ia membutuhkan waktu bermain menjelang putaran final.

Playmaker 32 tahun itu menunjukkan cukup dalam tujuh pertandingan di KuPS tempat kedua untuk mempertahankan posisinya di skuad manajer Hector Cuper, sangat menyenangkan para penggemar Mesir dan Finlandia.

"Ini adalah hal besar bagi Veikkausliiga bahwa seorang pemain dari klub Finlandia dipilih untuk Piala Dunia, terutama karena pemain tersebut adalah pemain profil tinggi untuk tim nasional Mesir,"  ujar Pyry Waltari, manajer komunikasi untuk Veikkausliiga, Reuters.

Meskipun pemain kunci untuk Mesir di babak kualifikasi, Said tiba di Finlandia sebagai sesuatu yang tidak diketahui jumlahnya.

"Para pemain kami dan saya tidak melihatnya pada awalnya, tetapi dia benar-benar bagus dalam melakukan penetrasi melewati garis. Anda hanya perlu berlari dan dia menempatkan bola di sana untuk Anda," kata pelatih KuPS Jani Honkavaara kepada Reuters.

"Sebagai pemain dia adalah seorang pemikir cepat, dia selalu berpikir tentang apa yang akan menjadi langkah selanjutnya, dan karena itu dia tidak kehilangan bola," tambah Honkavaara.

TERENDAH

Finlandia Veikkausliiga mungkin berada di peringkat ke-38 dari 55 liga Eropa tetapi masih cukup baik untuk mempersiapkan panggung sepakbola terbesar mereka semua, kata pelatih KuPS.

"Saya bangga dia mendapatkan tim Piala Dunia, dan dia juga mengatakan sangat penting baginya untuk bermain. Dia senang dan terkejut dengan level yang kami miliki di sini."

Said tidak mungkin kembali ke Finlandia setelah Piala Dunia, tetapi ia memberi kesan kuat pada penggemar Finlandia selama waktu singkat di sana, dan akan selalu diingat sebagai pemain Veikkausliiga pertama yang berhasil mencapai Piala Dunia.

"Orang-orang di Finlandia merujuk kepadanya sebagai pemain asing terbaik yang pernah bermain di Veikkausliiga jadi dia mengesankan banyak orang," kata Honkavaara.

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top