PIALA DUNIA 2018: Pemerintah Brasil Siap-Siap Tambah Pasokan Listrik

Pemerintah Brasil telah menyiapkan jaringan listrik negara untuk menghadapi perubahan liar dalam permintaan listrik karena kebanyakan orang di negara gila sepak bola tidak mendengarkan apa pun kecuali televisi mereka untuk menonton tim nasional bermain di Piala Dunia FIFA 2018.
Martin Sihombing | 13 Juni 2018 18:41 WIB
Dua andalan lini depan Timnas Brasil, Neymar da Silva Santos Jr. (kanan) dan Roberto Firmino - Reuters/Andrew Boyers

Bisnis.com, SAO PAULO  - Pemerintah Brasil telah menyiapkan jaringan listrik negara untuk menghadapi perubahan liar dalam permintaan listrik karena kebanyakan orang di negara gila sepak bola tidak mendengarkan apa pun kecuali televisi mereka untuk menonton tim nasional bermain di Piala Dunia FIFA 2018.

Brasil nyaris lumpuh ketika "seleção", pemenang lima trofi, bermain untuk Piala Dunia. Permintaan listrik turun tajam mendekati awal gim, kemudian melonjak saat jeda istirahat saat orang-orang terburu-buru mengambil minuman di lemari es atau membuat microwave-popcorn. Saat permainan kembali, permintaan daya kembali turun tajam.

"Peristiwa seperti itu menyebabkan perilaku sistem yang benar-benar berbeda dari hari-hari biasa," kata Álvaro Fleury Veloso da Silveira, direktur TI di operator jaringan nasional ONS. "Tapi kami sudah terbiasa," katanya.



Orang-orang Brasil meninggalkan rutinitas harian mereka pada hari-hari pertandingan Piala Dunia untuk tim nasional. Sekolah mengubah waktu kelas atau membatalkannya sama sekali. Perusahaan membiarkan karyawan pulang lebih awal atau mengatur televisi sehingga orang dapat menonton di tempat kerja.

Piala Dunia FIFA 2018 dimulai pada hari Kamis di Rusia. Warga Brasil merayakan hari-hari pertandingan tim nasional seperti hari libur, dengan orang-orang berkumpul bersama untuk berpesta kapan pun memungkinkan.

Untuk menjamin kecukupan listrik untuk lonjakan permintaan yang tiba-tiba, Silveira mengatakan bahwa lebih banyak pembangkit listrik daripada yang normal disiagakan, siap untuk meningkatkan produksi jika diperlukan.

Negara-negara sepakbola gila lainnya, seperti Kerajaan Inggris, memiliki persiapan serupa.

Di Brasil, ayunan permintaan bisa mencapai hingga 11.000 megawatt, misalnya ketika pertandingan selesai di malam hari dan orang-orang kembali ke rutinitas mereka pada saat yang sama ketika pencahayaan publik dinyalakan.

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top