Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Tim Dalam Statistik dan Essam El-Hadary Pemain Tertua

Piala Dunia sejak kelahirannya kerap membawa keunikan tersendiri. Salah satunya, misalnya, saat Maradona membawa Argentina juara Piala Dunia melalui tangan Tuhan. Berikut ini, Bisnis.com, mencoba untuk mengungkapkan hal-hal unik dalam angka yang ada di sekitar Piala Dunia 2018 di Rusia.
Kiper tim nasional Mesir Essam El-Hadary/Reuters
Kiper tim nasional Mesir Essam El-Hadary/Reuters

PIALA DUNIA 2018: Tim Dalam Statistik dan  Essam El-Hadary Pemain Tertua

Bisnis.com, JAKARTAPiala Dunia sejak kelahirannya kerap membawa keunikan tersendiri. Salah satunya, misalnya, saat Maradona membawa Argentina juara Piala Dunia melalui tangan Tuhan. Berikut ini, Bisnis.com, mencoba untuk mengungkapkan hal-hal unik dalam angka yang ada di sekitar Piala Dunia 2018 di Rusia.

Ada 200 dari 736 pemain yang tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia telah bermain di Piala Dunia FIFA  sebelumnya. Dan, 186 di antaranya berada di Brasil pada 2014, 61 berada di Afrika Selatan pada 2010, 21 di Jerman pada 2006 dan satu di Korea / Jepang 2002: Rafa Marquez, yang akan menjadi pemain  keempat yang tampil di lima edisi Piala Dunia setelah Antonio Carbajal, Lothar Matthaus dan Gigi Buffon.

Semua (100%)  pemain di tim nasional Inggris bermain di liga nasional mereka. Data The Three Lions itu diikuti oleh Rusia (21/23) dan Arab Saudi (20/23). Adapun Senegal dan Swedia,  negara yang tidak memilih satu pemain pun dari liga domestik mereka, sementara Belgia, Islandia, Nigeria, dan Swiss hanya memilih satu pemain dan 74%  dari pemain di Rusia 2018 berbasis di liga Eropa.

Kemudian, ada 53 pemain  telah mencetak  gol di Piala Dunia atas nama mereka. Thomas Muller (10) memiliki paling banyak, diikuti oleh James Rodriguez (6), Tim Cahill, Gonzalo Higuain, Lionel Messi dan Luis Suarez (5).

Pemain tertua, dengan usia 45 tahun dan lima bulan  membuat Essam El-Hadary menjadi pemain tertua yang pernah masuk dalam skuad Piala Dunia. Penjaga gawang Mesir itu lahir enam tahun sebelum pemain tertua kedua di Rusia 2018 - Rafa Marquez dari Meksiko- dan bahkan lebih tua dari tiga pelatih: Aliou Cisse (Senegal), Mladen Krstajic (Serbia) dan Roberto Martinez (Belgia). El-Hadary  berharap mengungguli Faryd Mondragon dari Kolombia (43 tahun dan tiga hari) dan menjadi pria tertua yang bermain di Piala Dunia.

29 tahun adalah perbedaan usia yang besar antara pelatih Uruguay Oscar Tabarez dan rekannya dari Senegal, Aliou Cisse. Pelatih berusia 71 tahun, yang akan menjadi pelatih tertua kedua dalam sejarah Piala Dunia di belakang Otto Rehhagel, memulai karirnya  hanya beberapa tahun setelah Cisse lahir.

Kemudian, 19 tahun dan lima bulan adalah usia relatif tua yang membuat pemain sayap Australia Daniel Arzani pemain termuda di Rusia 2018.  Femi Opabunmi (17 dan dua bulan), Theo Walcott (17 dan tiga bulan), Christian Eriksen (18 tahun dan empat bulan) dan Fabrice Olinga (18 tahun dan satu bulan) adalah pemain termuda yang pergi ke Piala Dunia 2002, 2006, 2010, dan 2014. Usia rata-rata dari 736 pemain - hampir 28 tahun - adalah yang tertua dalam sejarah turnamen.

Ada 16 pemain  asal klub Manchester City  di Rusia 2018.  Juara Premier League diikuti oleh Real Madrid (15), Barcelona (14), Chelsea, Paris Saint-Germain dan Tottenham Hotspur (12). Inggris adalah 'pangkalan' untuk sebagian besar pemain (124), diikuti oleh Spanyol (81) dan Jerman (67).

Lalu, 16 adalah angka yang membuat Rafa Marquez dan Javier Mascherano menjadi pemain yang di  Rusia dengan penampilan Piala Dunia terbanyak. Mereka diikuti oleh Lionel Messi (15), Mesut Ozil (14), Thomas Muller, Manuel Neuer, Sergio Ramos dan Cristiano Ronaldo (13).

Adapun 12 tahun adalah angka di  mana dua pemain  kembali ke turnamen seteah asben. Randall Azofeifa tampil sebagai pemain pengganti dalam kekalahan 4-2 yang luar biasa  Kosta Rika ke Jerman, sementara Lukasz Fabianski adalah pemain cadangan non-bermain untuk Polandia No1 Artur Boruc.

Ada 9 anggota skuad di Piala Dunia Brasil  2014- saat  menundukkan Brasil   telah dipilih oleh Joachim Low kali ini. Di antara mereka yang tidak dipanggil adalah Benedikt Howedes dan Christoph Kramer, yang memulai Final di Maracana, dan Andre Schurrle dan Mario Gotze, yang bergabung untuk satu-satunya gol di dalamnya. Vicente Del Bosque pernah mengambil 16 dari tim  Spanyol saat juara di Afrika Selatan 2010 ke Piala Dunia berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : fifa.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper