Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kiper Jerman Manuel Neuer di Jalur Menuju Rusia

Kiper Timnas Jerman Manuel Neuer berada di jalur yang tepat untuk siap bermain di Piala Dunia 2018 setelah mengalami cedera patah kaki.
Penjaga gawang Timnas Jerman Manuel Neuer/Reuters-Ina Fassbender
Penjaga gawang Timnas Jerman Manuel Neuer/Reuters-Ina Fassbender

Bisnis.com, JAKARTA – Kiper Jerman Manuel Neuer akan melakukan penampilan kembalinya dari absen 9 bulan karena cedera pada pertandingan persahabatan melawan Austria, ketika ia berpacu melawan waktu untuk Piala Dunia bulan depan, kata pelatih kiper Andreas Koepke.

Neuer, pemenang Piala Dunia 2014, yang telah menjadi kiper nomor satu Jerman selama lebih dari 8 tahun, tidak pernah memainkan satu pertandingan resmi pun sejak mengalami patah tulang kaki pada September tahun lalu, tetapi Koepke mengatakan ia berada di jalur untuk turnamen di Rusia.

"Itulah rencananya," kata Koepke kepada para pewarta di pemusatan latihan mereka di Eppan, Italia Utara.

"Sebagaimana beberapa hal yang terjadi sekarang, ia akan bermain pada Sabtu. Tidak ada yang menghalangi dan itu adalah pertandingan-pertandingan yang ia perlukan. (Pertandingan) internasional melawan Austria, di mana ia akan memiliki banyak hal untuk dilakukan."

Kapten Jerman berusia 32 tahun itu bermain selama 30 menit pada pertandingan latihan mereka melawan timnas Jerman U-20 pada Senin, dan akan kembali bermain selama 30 menit ketika kedua tim bertemu pada Rabu.

Tim juara dunia itu akan bertahan di Italia sampai 5 Juni, sehari setelah tenggat waktu untuk pengumuman skuad final berisi 23 pemain. Pelatih Joachim Loew membawa 27 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan di mana empat pemain akan dicoret, termasuk satu dari empat kiper.

"Manuel memerlukan pertandingan-pertandingan seperti ini setelah cedera panjangnya untuk 100 persen bugar. Itu adalah kondisi dasar ketika ia datang kemari, bahwa ia harus menghantam beberapa blok," kata Koepke.

"Dari kekuatan lompatan menuju mobilitas tentu saja sama sekali tidak ada masalah. Dia seperti tidak pernah absen. Sekarang ini mengenai membaca permainan, mendapatkan kepercayaan diri untuk memainkan bola dengan kaki. Ia berada di jalan yang kita semua bayangkan dan semuanya berjalan dengan baik."

Koepke juga memberi indikasi bahwa Neuer yang bugar akan menjadi pilihan pertama mereka untuk turnamen, mengungguli tiga kiper lainnya yakni Kevin Trapp, Marc-Andre ter Stegen, dan Bernd Leno, yang dipanggil Loew untuk masuk skuat pendahuluan.

"Marc memenangi Piala Konfederasi tahun lalu, menjalani musim super di Barcelona, dan dia tentu saja akan senang bermain di Piala Dunia. Namun mengenai Manuel, itu adalah situasi istimewa dan ia (Marc) dapat mengatasinya dengan sangat baik," ujar Koepke, juga mantan kiper Timnas Jerman.

Jerman, yang juga menghadapi Arab Saudi di Leverkusen pada 8 Juni pada pertandingan pemanasan terakhir mereka, menghuni Grup F bersama Swedia, Korea Selatan, dan Meksiko. Turnamen akbar itu dimulai pada 14 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper