Piala Liga Inggris: Pep Guardiola Sebut Bristol Lawan Sulit

Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengumbar pujian kepada lawan mereka di semifinal Piala Liga, Bristol City.
M. Syahran W. Lubis | 10 Januari 2018 15:11 WIB
Striker Manchester City Sergio Aguero, penentu kemenangan atas Broistol City. - Reuters/Lee Smith

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengumbar pujian kepada lawan mereka di semifinal Piala Liga, Bristol City, yang mereka kalahkan 2-1 berkat gol penentu kemenangan yang dicetak Sergio Aguero pada leg pertama semifinal Piala Liga Inggris (Carabao Cup).

"Saya ucapkan selamat kepada Lee Johnson saat peluit panjang berbunyi," kata Guardiola merujuk kepada pelatih Bristol selepas pertandingan yang berlangsung pada Rabu pagi WIB (10/1/2018).

"Mereka merupakan tim fantastis untuk banyak alasan, mereka cepat, mereka tahu pasti apa yang harus dikerjakan. Pertandingan di markas Bristol akan berat," tambah Guardiola.

Pelatih berkebangsaan Spanyol itu juga memuji perjuangan anggota skuatnya sendiri yang disebutnya tak kalah fantastis karena berjuang hingga menit-menit akhir pertandingan demi meraih kemenangan, meskipun sempat lebih dulu tertinggal dari tim tamu.

"Para pemain saya fantastis. Karena di sepak bola Anda dapat menang, Anda dapat kalah, namun kami berusaha sampai akhir," lanjut Guardiola.

"Kami memenangi banyak pertandingan pada menit-menit terakhir karena kami tidak menyerah. Semifinal selalu rumit," ujarnya menambahkan.

Bristol, kontestan Championship, kompetisi level kedua dalam sistem sepak bola Inggris, lebih dulu mengejutkan tuan rumah dengan merebut keunggulan menjelang turun minum lewat eksekusi penalti terarah yang dilesakkan Bobby Reid selepas dilanggar keras oleh bek City John Stones terhadap dirinya di area terlarang.

Namun, keunggulan itu berakhir pada menit 55 saat Kevin De Bruyne menyamakan kedudukan untuk tuan rumah dan asa Bristol untuk mengantongi modal kuat menyambut laga kedua di kandang mereka dua pekan mendatang harus berakhir ketika Aguero mencetak gol kemenangan City di pengujung pertandingan.

Gol Aguero tentu saja menjadi hantaman keras dan menimbulkan sakit hati di ruang ganti Bristol, yang sebelumnya telah menyingkirkan empat tim dari kasta lebih tinggi dalam perjalanan mereka menuju semifinal.

Pelatih Bristol Lee Johnson mengemukakan semifinal Piala FA belum selesai serta menjanjikan laga leg kedua di kandang mereka akan lebih menarik.

"Pep Guardiola mengatakan kepada saya bahwa kami bermain lebih baik dibandingkan sebagian besar tim Liga Inggris yang datang ke markas Manchester City," kata Johnson.

"Kami akan menerima pujian itu dan belajar banyak. Ini belum selesai. Ini akan menjadi pertandingan menarik di Ashton Gate," ujarnya.

Dia juga menilai keberhasilan Reid mencetak gol tandang menjadi salah satu modal penting menyambut laga leg kedua di Stadion Ashton Gate 2 pekan mendatang.

"Gol tandang sangat penting. Kami berusaha untuk mencetak gol dan tentu saja tidak ‘memarkir bus’ [menumpuk pemain di lini pertahanan]. Para pemain harus pulang ke rumah dan berpikir kami dapat menggebrak dari penampilan ini," ungkap Johnson.

Sebagaimana data Soccerway, Bristol City melaju ke semifinal Carabao Cup berkat kemenangan dengan skor tipis 2-1 atas juara bertahan Manchester United di Ashton Gate pada 21 Desember lalu.

Dalam pertandingan tersebut, Bristol baru mendapatkan gol kemenangan ketika babak kedua telah memasuki injury time melalui kontribus Korey Smith.

Sebelumnya, Bristol City juga lebi dahulu membuka keunggulan melalui gol Joe Bryan saat babak kedua berjalan 6 menit dan disamakan striker MU Zlatan Ibrahimovic pada menit ke-58.

Sumber : Reuters, Soccerway, & Antara/Sky Sports

Tag : liga inggris, piala liga
Editor : M. Syahran W. Lubis
Top