Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Uji Coba Piala Dunia: Brasil Sikat Jepang, Korsel Libas Kolombia

Ini hasil sejumlah laga uji coba tim-tim yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Brasil membantai Jepang, sedangkan Korsel menundukkan Kolombia.
Striker Brasil Neymkar da Silva Jr. setelah menjebol gawang Jepang./Reuters-Yves Herman
Striker Brasil Neymkar da Silva Jr. setelah menjebol gawang Jepang./Reuters-Yves Herman

Bisnis.com, JAKARTA - Penyerang Brasil Neymar da Silva Jr. mengonversi satu penalti dan gagal mengonversi penalti lain saat tim Samba menang 3-1 atas Jepang dalam uji coba antardua tim yang telah lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia yang dimainkan pada Jumat malam WIB (10/11/2017).

Kemenangan ke-13 Brasil dari 16 pertandingan sejak Tite mengambil alih jabatan pelatih pada Juni 2016 juga menampilkan sepakan keras dari Marcelo dan gol jarak dekat yang dibukukan Gabriel Jesus di markas klub Ligue 1 Prancis Lille, Stadion Pierre-Mauroy.

Ini merupakan pertama kalinya Brasil terlibat dalam pertandingan yang menggunakan teknologi video tayang ulang eksperimental (VAR) dan juara dunia lima kali ini dengan cepat berada di sudut pengambilan keputusan yang menguntungkan mereka.

Gelandang Brasil Fernandinho ditahan oleh Maya Yoshida dan meski permainan diteruskan, wasit memutuskan untuk melihat video tayangan ulang saat bola keluar dari arena pertandingan dan menunjuk titik putih setelah menunggu sebentar.

Neymar melangkah, berhenti, dan menunggu kiper Eiji Kawashima bergerak ke arah kanannya sebelum melepaskan sepakan ke sudut sebaliknya.

Berselam 5 menit kemudian, Brasil mendapat penalti lain karena pelanggaran terhadap Gabriel Jesus, tanpa VAR, namun kali ini Neymar memilih sudut lainnya dan tembakannya dapat digagalkan oleh Kawashima yang keputusannya untuk mengarah ke arah yang sama seperti sebelumnya berbuah hasil manis.

Bagaimanapun, rasa lega Jepang hanya berlangsung sebentar, ketika sapuan buruk dari kubu tim Samurai Biru mengarah ke jalur pergerakan Marcelo yang memaksimalkannya dengan tembakan keras menuju sudut gawang pada menit ke-17.

Yoshida melepaskan tendangan bebas yang membentur mistar gawang untuk Jepang namun Brasil terlihat berbahaya pada setiap serangan yang mereka lancarkan, dan mampu memperbesar keunggulan pada menit ke-35.

Willian mengirim bola kepada Danilo di sisi kiri dan umpan silangnya dapat disambar Gabriel Jesus ke tiang jauh.

Brasil mengendurkan tekanan dan Tomoaki Makino menanduk bola yang berbuah gol dari tendangan sudut pada menit ke-63 untuk memperkecil ketertinggalan Jepang.

Kenyu Sugimoto memiliki upaya yang lain yang masuk ke gawang lawan pada fase akhir pertandingan, namun gol itu tidak disahkan karena offside.

Hasil lainnya

Sementara itu, dalam laga uji coba lainnya yang juga mempertemukan antartim yang telah lolos ke Piala Dunia 2018, tuan rumah Korea Selatan menundukkan Kolombia dengan skor tipis 2-1.

Dalam laga di Suwon itu, Korsel menang berkat gol yang diborong Son Heung-min pada menit ke-11 dan 61, sedangkan sebiji gol balasan tamu dicetak Cristian Zapata pada menit ke-76.

Di tempat berbeda, Serbia, yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 dari zona Eropa, mengatasi tuan rumah China, yang gagal ke Rusia, dengan skor 2-0 di Stadion Tianhe di Guangzhou. Kedua gol Serbia dilesakkan Adem Ljajic pada menit ke-20 dan Aleksandar Mitrovis pada menit 69.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters, Soccerway, & Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper