Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hasil Pra-Piala Dunia 2018: Brasil Sikat Paraguay, Peru Libas Uruguay

Brasil menundukkan Paraguay dengan skor telak 3-0, sementara Peru mengalahkan Uruguay dalam matchday ke-14 Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 29 Maret 2017  |  11:29 WIB
Striker dan kapten Timnas Brasil Neymar da Silva Jr. - Reuters/Bruno Kelly
Striker dan kapten Timnas Brasil Neymar da Silva Jr. - Reuters/Bruno Kelly

Bisnis.com, JAKARTA - Brasil menundukkan Paraguay dengan skor telak 3-0, sementara Peru mengalahkan Uruguay dalam matchday ke-14 Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan yang digelar pada Rabu pagi WIB (29/3/2017).

Dalam pertandingan di Arena Corinthians di Sao Paulo, ketiga gol tim Samba asuhan pelatih Tite dilesakkan oleh Philippe Coutinho (34’), Neymar da Silva Santos Jr. (64’), dan Marcelo Viera da Silva Jr. (86’).

Dengan kemenangan itu, Brasil telah mengoleksi nilai 33 dan semakin mendekati kepastian secara matematis untuk menjadi tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan.

Meski secara matematis, Brasil masih ada celah untuk tersingkir dan gagal lolos ke Rusia karena nilainya masih bisa dikejar peringkat kelima yakni Argentina yang pu nya nilai 22, sejak matchday ke-13 ketika menghajar Uruguay 4-1 pun sebenarnya skuat Samba asuhan pelatih Tite dapat disebut paktis telah lolos.

Hal itu disebabkan berdasarkan pengalaman sejak 1998 di mana sistem kualifikasi seperti sekartang mulai diterapkan, tim yang meraih nilai 28 selalu lolos ke putaran final Piala Dunia tanpa melalui jalur play-off, setidak dengan finis di peringkat keempat babak kualifikasi.

Dari zona Amerika Selatan yang diikuti 10 tim, empat tim yang finis di posisi empat teratas babak kualifikasi, langsung lolos ke putaran final di Rusia, sedangkan peringkat kelima bertarung play-off melawan juara zona Oseania yang kemungkinan besar diisi Selandia Baru sebagai tim dengan peringkat FIFA tertinggi di wilayah tersebut.

Baca juga: Messi Diskors, Argentina Langsung Kalah dan Chile Gusur Argentina di Klasemen

Sementara itu, dalam pertandingan di Stadion Nasional di Lima, tuan rumah Peru menundukkan Uruguay dengan skor tipis 2-1.

Carlos Sanchez lebih dulu membuka skor pada menit ke-30 untuk tim tamu dengan memaksimalkan assist Luis Suarez, namun Peru berhasil menjaringkan dua gol balasan melalui Jose Paolo Guerrero (34’) dan Edison Flores (62’).

Dengan hasil dua pertandingan terakhir itu, klasemen sementara diisi Brasil di puncak dengan nilai 33, diikuti Kolombia 24, Uruguay dan Chile masing-masing 23, Argentina di posisi kelima dengan nilai 22, kemudian Ekuador 20, Peru dan Paraguay masing-masing 18, Bolivia 10, dan Venezuela di dasar klasemen nilai 6.

Dengan masing-masing tim menyisakan empat pertandingan, jika Brasil telah dapat dipastikan lolos ke putaran final di Rusia tahun depan, sebaliknya Venezuela sudah dipastikan tersingkir. Kemenangan dengan skor berapa pun dalam sisa empat laga tidak menolong Venezuela untuk berangkat ke Rusia.

Venezuela juga merupakan satu-satunya negara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) yang belum pernah lolos ke putaran final Piala Dunia sejak perhelatan akbar itu dimulai pada 1930.

Pertandingan matchday ke-15 Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan akan digelar pafa 31 Agustus 2017 mempertandingkan Uruguay vs Argentina, Brasil vs Ekuador, Chile vs Paraguay, Venezuela vs Kolombia, dan Peru vs Bolivia.

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top