Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Pra-Piala Dunia 2018: Brasil Tim Pertama Lolos ke Rusia, 4-1 vs Uruguay

Brasil menjadi tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah menghabisi tuan rumah Uruguay dengan skor telak 4-1.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 24 Maret 2017  |  08:58 WIB
Pemain Brasil Paulinho memperlihatkan tiga jarinya setelah mencetak hattrick ke gawang Uruguay - Reuters/Andres Stapff
Pemain Brasil Paulinho memperlihatkan tiga jarinya setelah mencetak hattrick ke gawang Uruguay - Reuters/Andres Stapff

Bisnis.com, JAKARTA - Brasil menjadi tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah menghabisi tuan rumah Uruguay dengan skor telak 4-1 dalam pertandingan matchday ke-13 babak kualifikasi zona Amerika Selatan yang berlangsung pada Jumat pagi WIB (24/3/2017).

Berlangsung di Stadion Centenario di Montevideo, Uruguay, tuan rumah tampil timpang tanpa dua pemain pilar Luis Suarez di lini depan dan penjaga gawang Fernando Muslera di bawah mistar gawang. Keduanya menjalani skorsing akumulasi kartu kuning.

Posisi Suarez diisi Diego Rolan di starting line up meski kemudian diganti Christian Stuani pada menit ke-58, sedangkan posisi Muslera diisi Martin Silva, yang sehari-hari bermain untuk klub Brasil Vasco da Gama.

Jose Paulo Bezzera Maciel Junior, yang lebih dikenal sebagai Paulinho, mencetak hattrick dalam laga yang dipimpin wasit asal Argentina Patricio Loustau. Pemain yang merumput bersama klub China Guangzhou Evergrande itu mencetak gol pada menit ke-19, 52, dan menit ke-2 injury time babak kedua.

Edinson Cavani lebih dulu membuat Uruguay unggul pada menit ke-9 dari titik penalti setelah dia dijatuhkan kiper Brasil Alisson Becker. Tendangan keras mendatar yang dilepas Cavani menusuk sudut kanan bawah gawang Brasil dan terlalu sulit untuk ditepis Alisson.

Tak perlu waktu lama bagi Brasil untuk menyamakan skor menjadi 1-1. Paulinho mencetak gol pertamanya dengan tendangan keras dari luar kotak penalti masuk tepat ke sudut kiri atas gawang Uruguay. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Brasil langsung menggebrak. Roberto Firmino melepas tendangan keras pada menit ke-52, masih dapat diblok kiper Martin Silva, namun bola rebound segera dihantam Paulinho untuk membuat Brasil berbalik unggul 2-1.

Tertinggal membuat Uruguay menggencarkan serangan. Namun, hasilnya justru Brasil yang mampu menambah gol melalui skema serangan balik yang sangat cepat.

Bek Brasil Joao Miranda dari daerah sendiri membuang bola jauh ke depan mengarah ke pertahanan Uruguay dan Neymar da Silva Santos Jr. bergerak lebih cepat dari bek Uruguay Sebastian Coates. Neymar kemudian me-lob bola melewati kepala Martin Silva untuk menjadikan skor 3-1.

Brasil akhirnya menambah sebiji gol lagi melalui Paulinho ketika pertandingan telah memasuki menit ke-2 injury time. Paulindo mendorong bola dengan dada dari jarak dekat menyambar umpan lambung silang Dani Alves. Skor akhir 4-1 untuk Brasil.

Dengan hasil itu, Brasil telah mengoleksi nilai 30 dan memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia di Rusia tahun depan. Brasil menjadi tim pertama yang lolos ke Rusia dari jalur kualifikasi selain Rusia sendiri yang pasti lolos dengan status tuan rumah.

Secara matematis, nilai Brasil yang 30 itu sebenarnya masih dapat dikejar tim peringkat keenam, tetapi berdasarkan pengalaman sejak Pra-Piala Dunia 1998 di mana sistem seperti saat ini mulai diterapkan untuk kualifikasi zona Amerika Selatan, nilai 28 saja selalu cukup untuk lolos ke putaran final, setidaknya sebagai peringkat keempat.

Dari zona Amerika Selatan, tim-tim yang finis di posisi empat teratas langsung lolos ke putaran final di Rusia, sedangkan peringkat kelima harus berebut satu tiket melalui laga dua leg melawan juara kualifikasi zona Oseania.

Bagi Uruguay, kehilangan poin ini merupakan yang pertama dialaminya di kandang selama Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan. Meski begitu, Uruguay tetap berada di posisi kedua klasemen sementara dengan nilai 23.

Adapun bagi Brasil, hasil ini menjadikan tim Samba mencatat delapan kemenangan beruntun, satu di antaranya dalam laga uji coba, sejak ditangani pelatih Tite alias Adenor Leonardo Bacchi pada pertengahan tahun lalu menggantikan Carlos Dunga.

Sementara itu, Argentina dan Kolombia mencatat kemenangan masing-masing dengan skor 1-0 yang dihasilkan dari titik penalti.

Lionel Messi mencetak gol dari titik penalti pada menit ke-16 di Stadion Monumental Antonio Vespucio di Buenos Aires untuk menaklukkan Chile, sedangkan James Rodriguez menjadi penentu kemenangan Kolombia atas tamunya Bolivia di Stadion Metropolitano Roberto Melendez di Barranquilla.

Tendangan penalti James pada menit ke-83 itu sebenarnya dapat diblok kiper Bolivia Carlos Lampe, namun bola rebound dengan cepat disambarnya lagi untuk menjadi gol.

Satu laga matchday ke-13 lainnya ialah Venezuela menjamu Peru yang berakhir 2-2. Di Stadion Monmental di Kota Maturin, Venesuela sempat unggul 2-0 melalui Mikel Villanueva (24’) dan Romulo Otero (40’), namun bisa disamakan Peru lewat Andre Carrillo (46’) dan Jose Paolo Guerrero (64’).

Klasemen sementara (main, menang, seri, kalah, gol memasukkan, gol kemasukan, selisih gol, nilai):

Brasil

13

9

3

1

32

10

+22

30

Uruguay

13

7

2

4

25

15

+10

23

Argentina

13

6

4

3

15

12

+3

22

Kolombia

13

6

3

4

16

15

+1

21

Ekuador

13

6

2

5

23

18

+5

20

Chile

13

6

2

5

21

18

+3

20

Paraguay

13

5

3

5

13

18

-5

18

Peru

13

4

3

6

20

22

-2

15

Bolivia

13

2

1

10

10

32

-22

7

Venezuela

13

1

3

9

16

31

-15

6

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas brasil piala dunia 2018 timnas argentina timnas uruguay pra piala dunia 2018

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top