Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Piala Afrika: Ghana Susul Senegal Lolos ke Perempat Final

Ghana menyusul Senegal lolos ke perempat final Piala Afrika 2017 setelah menang dengan skor tipis 1-0 atas Mali dalam matchday kedua Grup D.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 22 Januari 2017  |  11:09 WIB
Hasil Piala Afrika: Ghana Susul Senegal Lolos ke Perempat Final
Para pemain Timnas Mesir merayakan gol penentu kemenangan di ujung laga atas Uganda - Evening Standard
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ghana menyusul Senegal lolos ke perempat final Piala Afrika 2017 setelah menang dengan skor tipis 1-0 atas Mali dalam matchday kedua Grup D pada Minggu dini hari WIB (22/1/2017).

Dalam pertandingan yang digelar di Port Gentil, Gabon, satu-satunya gol kemenangan Ghana, juara Piala Afrika empat kali, dilesakkan Asamoah Gyan melalui sundulan kepala pada menit ke-21 dengan memanfaatkan umpan lambumg Jordan Ayew dari sisi kiri pertahanan Mali.

Selepas menjebol gawang lawan yang merupakan runner up Piala Afrika 1972, Gyan memperlihatkan kaos bertulis “Get Well Baba” sebagai doa demi kesembuhan Baba Rahman, pemain Ghana yang cedera ketika dalam laga pertama Ghana menang juga dengan skor tipis 1-0 atas Uganda.

Dalam pertandingan 4 hari yang lalu itu, harus ditarik keluar pada menit ke-39 setelah mengalami masalah dengan ligamen lutut kirinya dan digantikan oleh Frank Acheampong. Kini pemain bernama asli Abdul Rahman itu harus menjalani operasi.

Sementara itu, dalam pertandingan lainnya di tempat yang sama, Mesir, juara tujuh kali Piala Afrika, mencatat kemenangan juga dengan skor tipis 1-0 atas Uganda. Satu-satunya gol Mesir dicetak oleh Abdallah El-Said 3 menit menjelang laga usai dengan menuntaskan satu skema serangan balik.

Dengan hasil kedua pertandingan tersebut, Ghana ada di posisi teratas klasemen sementara dengan nilai 6 hasil dua kemenangan dan lolos ke babak perempat final, diikuti Mesir 3, Mali 1, dan Uganda 0. Dengan telah kalah dua kali, Uganda menjadi tim pertama yang tersingkir dari turnamen ini.

Juara bertahan turnamen ini ialah Pantai Gading yang 2 tahun lalu menundukkan Ghana dalam pertandingan final di Bata, Guinea Khatulistiwa, melalui adu penalti dengan skor 9-8 setelah permainan selama 120 menit skor imbang tanpa gol.

Sebanyak 16 tim akan bertarung meraih kehormatan tertinggi pentas sepak bola di Benua Hitam edisi tahun ini. Ke-16 tim itu dibagi menjadi empat grup.

Grup A diisi tuan rumah Gabon, Burkina Faso, Kamerun, dan Guinea Bissau. Grup B Aljazair, Tunisia, Senegal, Zimbabwe. Grup C juara bertahan Pantai Gading, Republik Demokratik Kongo (dahulu Zaire), Maroko, Togo. Grup D Ghana, Mali, Mesir, Uganda.

Juara turnamen kali ini akan mewakili Afrika ke Piala Konfederasi 2017 di Rusia yang diselenggarakan Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Turnamen kali ini merupakan edisi ke-30. Mesir merupakan negara pengoleksi gelar juara terbanyak sejak turnamen antarnegara Afrika ini dimulai pada 1957 yakni tujuh kali yakni pada edisi 1957, 1959, 1986, 1998, 2006, 2008, dan 2010.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala afrika Timnas Ghana Timnas Mesir Timnas Senegal

Sumber : Reuters, Evening Standard, & CAF Online

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top