Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRANSFER PEMAIN: Liga Inggris Catat Rekor Pembelian, US$1,5 Miliar

Rekor bursa transfer pemain kembali dipecahkan karena belanja pemain Premier League mencapai 1165000000 pound (US$1,54 miliar), demikian ungkap analis keuangan Deloitte Sports Business Group, Kamis (1/9/2016).
Manchester United memecahkan rekor transfer pemain di dunia ketika mereka kembali menandatangani gelandang Prancis Paul Pogba dari Juventus dengan bayaran 89 juta pound, rekor tertinggi sebelumnya  100 juta euro (84,20 juta pounds) yang dibayar oleh Real Madrid untuk Gareth Bale pada  2013./Reuters-Jason Cairnduff
Manchester United memecahkan rekor transfer pemain di dunia ketika mereka kembali menandatangani gelandang Prancis Paul Pogba dari Juventus dengan bayaran 89 juta pound, rekor tertinggi sebelumnya 100 juta euro (84,20 juta pounds) yang dibayar oleh Real Madrid untuk Gareth Bale pada 2013./Reuters-Jason Cairnduff

Bisnis.com, LONDON -  Rekor bursa transfer pemain kembali dipecahkan karena belanja pemain Premier League mencapai 1165000000 pound (US$1,54 miliar), demikian ungkap analis keuangan Deloitte Sports Business Group, Kamis (1/9/2016).

Pengeluaran naik 34%  dari tertinggi sebelumnya di semua jendela transfer dari 870 juta pound yang ditetapkan  12 bulan  lalu dan berarti keseluruhan pembelanjaan oleh klub pada 2016-17  merupakan rekor untuk satu musim Premier League.

"Ini adalah tahun keempat berturut-turut catatan pengeluaran transfer musim panas... telah rusak," kata dalam sebuah pernyataan Business Group partner Dan Jones.

"Pada awal musim 2013-14, pengeluaran transfer musim panas tercatat mencapai 500 juta pound dan  catatan fakta ini telah lebih dari dua kali lipat sejak itu, yang merupakan indikator yang jelas dari pertumbuhan keuangan liga."

Manchester United memecahkan rekor transfer dunia ketika mereka kembali menandatangani gelandang Prancis Paul Pogba dari Juventus dengan bayaran 89 juta pound, rekor tertinggi sebelumnya  100 juta euro (84,20 juta pounds) yang dibayar oleh Real Madrid untuk Gareth Bale pada  2013.

Manchester City adalah salah satu dari 13 klub Premier League yang melampaui catatan transfer mereka sendiri ketika mereka membayar 47,5 juta pound untuk menandatangani bek Everton  John Stones.

"Bagi  klub yang secara tradisional di  atas meja yang telah berinvestasi yang paling signifikan, pertumbuhan pendapatan komersial mereka juga telah menjadi enabler kritis terhadap peningkatan belanja," kata Jones.

Juara  Leicester City  yang mengeluarkan € 30.000.000  untuk striker Islam Slimani dari Sporting Lisbon  adalah salah satu langkah terbesar pada  batas waktu akhir yang sibuk pada  Rabu.

"Kami juga melihat tingkat rekor Premier League menghabiskannya pada  hari terakhir  transfer musim panas ini," kata Jones, "Dengan 155 juta pound dihabiskan pada 24 jam terakhir."

Chelsea juga memercik sekitar 34 juta pounds untuk mendatangkan kembali bek Paris St Germain David Luiz  untuk  kedua kalinya bermain di Stamford Bridge dan Tottenham Hotspur menghabiskan 30 juta pound untuk pemain tengah Moussa Sissoko dari Newcastle United.

Pengeluaran gabungan dari dua klub Manchester  mencapai 42%  dari belanja liga di jendela transfer [tahun ini], menurut Spreadex.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper