Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Olimpiade Rio 2016: Jepang Menang Tapi Tersingkir, Nigeria & Kolombia ke 8 Besar

Jepang menaklukkan Swedia 1-0 dalam matchday terakhir Grup B cabang sepak bola putra Olimpiade Rio 2016 di Brasil, namun tetap gagal ke 8 besar.
Dorlan Pabon dalam balutan jersey Timnas Kolombia/Reuters-Paulo Whitaker
Dorlan Pabon dalam balutan jersey Timnas Kolombia/Reuters-Paulo Whitaker

Bisnis.com, JAKARTA - Jepang menaklukkan Swedia 1-0 dalam matchday terakhir Grup B cabang sepak bola putra Olimpiade Rio 2016 di Brasil, namun tetap gagal ke 8 besar lantaran dalam laga lain Nigeria—yang sebelum laga dimulai sudah pasti lolos ke 8 besar—secara mengejutkan kalah 0-2 dari Kolombia.

Jepang dan Swedia memang pantas berharap Nigeria tetap melakoni pertandingan kontra Kolombia dengan serius meskipun sebelum pertandingan dimulai telah memastikan diri lolos ke babak 8 besar dengan status juara Grup B setelah memetik kemenangan dalan dua laga awal.

Kenyataannya, Nigeria di luar dugaan menelan kekelahan dari Kolombia, yang dalam dua pertandingan sebelumnya melawan Jepang dan Swedia gagal meraih kemenangan dan selalu hanya bisa meraih hasil imbang masing-masing dengan skor 2-2.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Itaipava Arena Fonte Nova di Salvador dan dipimpin wasit Malang Diedhiou dari Senegal, gol kemenangan Jepang dikontribusi oleh Shinya Yajima pada menit ke-65.

Pada saat bersamaan, di Stadion Arena Corinthians di Sao Paulo, Kolombia memetik kemenangan yang memastikan lolos ke babak perempat final berkat dua gol yang dilesakkan Teofilo Gutierrez ketika laga baru memasuki menit ke-4 dan oleh Dorlan Pabon melalui eksekusi penalti pada menit ke-63.

Dengan hasil ini, posisi teratas di klasemen akhir Grup B diisi Nigeria dengan koleksi nilai 6, diikuti Kolombia yang juga lolos ke babak perempat final dengan nilai 5, Jepang 4, dan Swedia juru kunci dengan nilai 1.

Di babak perempat final atau 8 besar, Nigeria sebagai juara Grup B akan berhadapan dengan runner up Grup A, sedangkan Kolombia sebagai runner up Griup B bertemu juara Grup A. Juara dan runner up Grup A belum diketahui hasilnya.

Sebanyak 16 tim mengikuti cabang sepak bola putra Olimpiade 2016, terbagi dalam empat grup. Setiap tim terdiri dari pemain U-23 dengan diizinkan maksimal tiga tambahan pemain dengan usia lebih dari 23 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper