Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bawa Portugal Juara Euro 2016, Kontrak Santos Diperpanjang 4 Tahun

Fernando Santos, pelatih Portugal yang membawa negaranya juara Euro 2016 yang berakhir awal bulan ini, mendapatkan hadiah berupa perpanjangan kontrak hingga Euro 2020.
Pelatih Portugal Fernando Santos (kiri) dan pemain bintang Cristiano Ronaldo/Reuters
Pelatih Portugal Fernando Santos (kiri) dan pemain bintang Cristiano Ronaldo/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Fernando Santos, pelatih Portugal yang membawa negaranya juara Piala Eropa (Euro) 2016 di Prancis yang berakhir awal bulan ini, mendapatkan hadiah berupa perpanjangan kontrak hingga Euro 2020.

“Kesepakatan baru antara FPF (Federasi Sepak Bola Portugal) dan Fernando Santos akan berlanjut hingga Euro 2020,” demikian pernyataan resmi FPF yang dikeluarkan pada Selasa dini hari WIB (19/7/2016).

Mantan pemain belakang berusia 61 tahun dan bernama lengkap Fernando Manuel Fernandes da Costa Santos itu menangani timnas negaranya sejak 2 tahun lalu setelah Portugal tersisih di fase grup Piala Dunia 2014 di bawah arahan pelatih Paulo Jorge Gomes Bento.

Di ajang yang digelar di Brasil itu, Santos melatih Yunani dan berhasil membawa timnas negara tersebut untuk pertama kalinya lolos dari fase grup di ajang Piala Dunia sepanjang sejarah. Sebelumnya, pada Piala Dunia 1994 dan 2010, tim berjuluk Galanolefki itu selalu gagal lolos ke babak knock out.

Dalam final Euro 2016, Portugal tampil sebagai juara setelah mengawali turnamen tersebut dengan hasil yang sangat meragukan di mana hanya bisa lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup.

Bahkan, Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro dan kawan-kawan hanya mampu meraih tiga kali imbang di fase grup dan menjadi satu-satunya tim yang lolos ke fase knock out tanpa satu kali pun meraih kemenangan.

Catatan kemudian malah menunjukkan Portugal hanya satu kali meraih kemenangan dalam waktu normal yakni 2-0 melawan Wales dib semifinal untuk melaju ke laga puncak Euro 2016. Di final pun, Portugal mengalahkan tuan rumah Prancis dengan skor tipis 1-0 lewat perpanjangan waktu.

Bertanding dalam final di Stade de France yang merupakan markas Timnas Prancis, Portugal membekuk tuan rumah lewat gol Ederzito Antonio Macedo Lopes, pemain berdarah Guinea-Bissau, negara di Afrika bagian barat, pada menit ke-109.

Hebatnya, Eder baru masuk pada menit ke-79 menggantikan Renato Sanchez dan Portugal pun harus bermain tanpa Ronaldo yang terpaksa keluar lapangan akibat cedera sejak menit ke-25 dan digantikan Ricardo Quaresma.

Dengan kondisi demikian, Portugal terus menerus berada di bawah tekanan tuan rumah, namun serangan Prancis yang dipimpin top skor turnamen Antoine Griezmann gagal menembus barisan belakang Portugal yang dikomandani Pepe. Pemain Real Madrid yang sebenarnya kelahiran dan berdarah Brasil bernama asli Kepler Laveran Lima Ferreira itu akhirnya dianugerahi Man-of-the-Match.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper