Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Euro 2016: Portugal Lolos ke Semifinal, Menang Adu Penalti vs Polandia

Portugal dengan Cristiano Ronaldo-nya lolos ke semifinal Piala Eropa (Euro) 2016 setelah menang adu penalti 5-3 atas Polandia.
Kiper Portugal Rui Patricio sukses menepis tendangan penalti pemain Polandia Jakub Blaszczykowski/Reuters-Michael Dalder
Kiper Portugal Rui Patricio sukses menepis tendangan penalti pemain Polandia Jakub Blaszczykowski/Reuters-Michael Dalder

Bisnis.com, JAKARTA - Portugal dengan Cristiano Ronaldo-nya lolos ke semifinal Piala Eropa (Euro) 2016 setelah menang adu penalti 5-3 atas Polandia dalam perempat final yang berlangsung pada Jumat pagi WIB (1/7/2016) di Stadion Velodrome di Kota Marseille, Prancis.

Dengan hasil ini, Portugal merupakan satu-satunya tim yang bisa menembus hingga babak semifinal sepanjang sejarah Piala Eropa tan berhasil memetik satu kemenangan pun dalam waktu reguler 2 x 45 menit.

Ronaldo dan kawan-kawan lolos ke 16 besar hanya sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik setelah tiga kali seri di fase grup. Kemudian di babak 16 besar mengalahkan Kroasia 1-0 lewat perpanjangan waktu, gol Quaresma menit 117, dan kini menang adu penalti setelah waktu reguler plus tambahan 30 menit skor 1-1.

Sebagaimana tayangan langsung RCTI, kelima eksekutor penalti Portugal sukses menunaikan tugasnya. Mereka ialah Cristiano Ronaldo, Renato Sanches, Joao Moutinho, Luis Nani, dan Ricardo Quaresma. Adapun tiga eksekutor pertama Polandia juga sukses yakni Robert Lewandowski, Arkadiusz Milik, dan Kamil Jacek Glik.

Namun, eksekutor keempat Jakub Baszczykowski gagal menjebol gawang Portugal yang dikawal Rui Patricio. Tendangannya ke arah kiri dapat dibaca dan ditepis sang penjaga gawang. Eksekusi kelima Polandia tak dilakukan lagi karena telah kalah 3-5.

Selama 120 menit permainan, Portugal dan Polandia sama-sama mengalami kesulitan mencetak gol. Polandia sempat mencuri keunggulan 1-0 berkat gol Lewandowski saat laga baru berjalan 100 detik setelah meneruskan umpan Kamil Grosicki yang memanfaatkan kelengahan sayap kanan pertahanan Portugal.

Keunggulan Polandia sirna setelah Portugal menyamakan kedudukan 1-1 lewat sepakan akurat yang dilepaskan Renato Sanches dari luar kotak penalti pada menit 33 setelah menerima umpan Luis Nani.

Pada babak kedua, permainan kedua tim tidak banyak berubah. Portugal tetap melancarkan serangan dari tengah ke sisi sayap, sementara Polandia menunggu kesempatan untuk serangan balik.

Portugal kemudian memiliki dua peluang matang dari tandukan Jose Fonte pada menit 78 dan aksi Ronaldo yang lolos dari perangkat offside pada menit 86, namun tetap tidak berbuah gol. Skor 1-1 bertahan hingga akhir babak kedua.

Polandia memiliki dua kesempatan pada babak tambahan pertama lewat aksi Arkadiusz Milik dan Robert Lewandowski namun tidak berbuah gol karena bola melenceng ke gawang Rui Patricio.

Pada menit 119 Blaszczykowski melepaskan umpan silang tertuju kepada Lewandowski namun tidak berbuah gol. Sepakan Lukasz Piszczek dari luar kotak penalti juga gagal membobol gawang Portugal. Laga 120 menit berakhir 1-1 dan Portugal akhirnya menang adu penalti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : RCTI, Reuters, & Antara/UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper