Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ukraina Buang 'Pemain Rusia' ke Euro 2016, Ini Skuatnya

Pelatih Mykhaylo Fomenko telah menetapkan 25 pemain anggota skuat sementara Timnas Ukraina yang akan bertarung di Euro 2016 di Prancis.
Striker Timnas Ukraina Artem Kravets/Eurosport
Striker Timnas Ukraina Artem Kravets/Eurosport

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Mykhaylo Fomenko telah menetapkan 25 pemain anggota skuat sementara Timnas Ukraina yang akan bertarung di putaran final Piala Eropa (Euro) 2016 di Prancis pada 10 Juni-10 Juli.

Ke-25 pemain itu dalam kesehariannya bermain di kompetisi di enam negara, namun tak ada nama Rusia di antara enam negara itu. Ini agaknya imbas dari hubungan politik yang buruk dengan bekas negara induknya itu semasa masih tergabung sebagai Uni Soviet.

Di antara nama yang terbuang sebagai dampak buruknya hubungan politik itu ialah striker Yevhen Seleznyov yang merupakan pemain kunci di sepanjang babak kualifikasi tapi tak masuk lagi ke tim sejak bergabung dengan klub Rusia Kuban Krasnodar pada musim dingin awal tahun ini.

Tersingkirnya Seleznyoz cukup ironis sebab sebenarnya dia telah meninggalkan Kuban dan menandatangani kontrak dengan jagoan Ukraina Shakhtar Donetsk pekan lalu.

Juga absen ialah ujung tombak klub Rusia Rubin Kazan Marki Devic dan Oleksandr Zinchenko yang bermain untuk FC Ufa, meskipun agen sang pemain mengatakan gelandang muda berprospek cerah itu tengah dalam proses perpindahan dari klub Rusia itu ke klub Jerman Borussia Dortmund.

Pada Maret, federasi sepak bola Ukraina mengeluarkan pernyataan yang menyangkal adanya bias politik ketika skuat untuk pertandingan persahabatan juga tidak memasukkan nama pemain yang merumput di klub Rusia.

Ini merupakan pertama kalinya Ukraina lolos ke putaran final Euro melalui babak kualifikasi. Pada edisi 4 tahun lalu Ukraina juga masuk putaran final Euro, namun karena berstatus sebagai tuan rumah bersama Polandia.

Di Euro 2016, tim Kuning-Biru bergabung di Grup C bersama kandidat juara Jerman, Polandia, dan Irlandia Utara. Ukraina langsung bertemu Jerman pada 12 Juni di Lille, lalu 4 hari berikutnya jumpa Irlandia Utara di Lyon, dan menutup laga fase grup di Marseille pada 21 Juni versus Polandia.

Berikut nama skuat Ukraina ke Euro 2016 yang akan difinalkan paling lambat 31 Mei:

Penjaga gawang: Denis Boyko (Besiktas), Andriy Pyatov (Shakhtar), Mykyta Shevchenko (Zorya).

Belakang: Artem Fedetskyy (Dnipro), Nikita Kamenyuka (Zorya), Yevhen Khacheridi (Dynamo Kiev), Olexandr Kucher (Shakhtar), Yaroslav Rakitskiy (Shakhtar), Viacheslav Shevchuk (Shakhtar).

Tengah: Denis Garmash (Dynamo Kiev), Oleg Gusev (Dynamo Kiev), Oleksandr Karavayev (Zorya), Yevhen Konoplyanka (Sevilla), Viktor Kovalenko (Shakhtar), Maksim Malyshev (Shakhtar), Ivan Petryak (Zorya), Ruslan Rotan (Dnipro), Serhiy Rybalka (Dynamo Kiev), Evgeniy Shakhov (Dnipro), Taras Stepanenko (Shakhtar), Sergiy Sydorchuk (Dynamo Kiev), Anatoliy Tymoshchuk (Kairat), Andriy Yarmolenko (Dynamo Kiev)

Depan: Pylyp Budkivsky (Zorya), Artem Kravets (Stuttgart), Roman Zozulya (Dnipro).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : ESPN
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper