Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Skandal FIFA: CAS Perkuat Skors 90 Hari Platini

CAS memperkuat putusan larangan 90 hari Komite Etik independen FIFA untuk Michel Platini sehingga mengancam peluang pria Prancis itu untuk menjadi calon presiden FIFA.
Sepp Blatter (kanan) dan Michel Platini/Reuters-Darren Staples
Sepp Blatter (kanan) dan Michel Platini/Reuters-Darren Staples

Bisnis.com, JAKARTA - Mahkamah Arbitrasi Olah Raga (Court of Arbitration for Sport/CAS) memperkuat putusan larangan 90 hari Komite Etik independen FIFA untuk Michel Platini sehingga mengancam peluang pria Prancis itu untuk menjadi calon presiden FIFA.

Platini, ketua Union of European Football Associations (UEFA) dan salah satu wakil presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA), menjadi calon terkuat pengganti Sepp Blatter sampai namanya ikut disebut dalam penyelidikan kriminal di Swiss September lalu. Sebulan kemudian FIFA menonaktifkan Platini dan Blatter.

Sekjen CAS Matthieu Reeb mengatakan para hakim mempertimbangkan apakah Platini dirugikan oleh penonaktifan itu manakala penyelidikan menyangkut pembayaran 1.8 juta euro dituntaskan.

Dalam bandingnya, pihak Platini menandaskan bahwa bekas bintang Juventus dan Timnas Prancis itu itu tidak melakukan kesalahan apa-apa dan dengan tidak adil telah dihalangi mencalonkan diri menjadi presiden FIFA.

Dengan suara bulat, tiga hakim CAS tidak menemukan kerugian berarti yang diakibat penonaktifan itu, namun mendesak FIFA secepatnya mencapai keputusan final dalam kasus ini.

CAS menolak memperpanjang masa penonaktifan karena memandang akan melanggar hak-hak Platini. "Tuan Platini kalah satu ronde, namun ini bukan keputusan final," kata Reeb.

Komisi Etik FIFA menginginkan Platini dilarang seumur hidup, sedangkan Blatter sendiri menghadapi hukuman yang lebih berat.

Penonaktifan Platini akan selesai pada 5 Januari dan CAS menegaskan bahwa sekalipun hukuman itu dicabut, tidak ada jaminan komite pemilihan FIFA mau menerima pencalonan Platini sebelum penonaktifan itu habis.

Kubu Platini sendiri optimistis. "Michel Platini tahu dia akhirnya dibebaskan", kata pengacaranya, Thibaud d'Ales, menunjuk penolakan CAS terhadap perpanjangan masa sanksi Platini seperti diinginkan FIFA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper