Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CASILLAS Tinggalkan Real Madrid, Ini Perjalanan Kariernya

Kiper Real Madrid pindah ke Porto setelah selama 16 musim membela Los Blancos. Inilah perjalanan kariernya.
Iker Casillas/EPA
Iker Casillas/EPA

Bisnis.com, JAKARTA - Kiper Real Madrid Iker Casillas Fernandez resmi meninggalkan klub berjuluk Los Blancos itu setelah selama 16 musim bermain di Stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol.

Berikut perjalanan karier pemain kelahiran Mostoles, di pinggiran Kota Madrid, pada 20 Mei 1981 itu:

REAL MADRID

* Casillas datang ke akademi pemain muda Real Madrid dalam usia 16 tahun dan dipanggil masuk tim utama dalam pertandingan Liga Champions Eropa melawan klub Norwegia Rosenborg. Namun dia gagal menjalani debut lantaran cedera.

* Menjalani debut saat seri 2-2 dalam pertandingan di kandang Athletic Bilbao pada September 1999. Debut yang mengesankan karena berhasil membuat sejumlah penyelamatan gemilang.

* Menjadi penjaga gawang termuda yang bermain di final Liga Champions musim 1999-2000 dan memenangi trofi tersebut dalam usia 18 tahun dengan menundukkan sesama tim La Liga Spanyol Valencia.

* Memenangi gelar juara La Liga pertama kali pada 2001 di era Galactico bersama Florentino Perez sebagai presiden.

* Menggantikan Cesar Sanchez yang cedera di final Liga Champions musim 2001-2002 melawan Bayer Leverkusen dan membuat sejumlah penyelamatan cemerlang di menit-menit akhir pertandingan untuk mempertahankan kemenangan 2-1.

* Dianugerahi Zamora Trophy pada 2008 untuk pertama kalinya ketika Real Madrid memenangi dua gelar berturut-turut. Penghargaan itu diberikan kepada penjaga gawang yang paling sedikit kebobolan di kompetisi La Liga.

* Pada 2009 menjadi kiper Real Madrid yang paling banyak tampil dengan 454 pertandingan memecahkan rekor Paco Buyo yang bermain pada 1986-1997.

* Pada musim 2012-2013 mengalami hubungan yang buruk dengan pelatih Jose Mourinho sehingga praktis diabaikan sepanjang musim.

* Pada 2013-2014 menjadi pilihan pertama hanya untuk pertandingan Piala Raja (Copa del Rey) dan Liga Champions, tidak di La Liga, dan meraih rekor klub Spanyol selama 952 menit tidak terkalahkan.

* Pada 2014 memenangi gelar Liga Champions ketiganya dan gelar Copa del Rey keduanya.

* Kembali menjadi kiper utama di La Liga musim 2014-2015, namun sering mendapatkan siulan dari fans dan kedatangan kiper muda Timnas Spanyol David de Gea mendorong Casillas untuk memutukan hengkang ke Porto setelah meraih lima gelar La Liga.

TIMNAS SPANYOL

* Casillas membantu La Furia Roja memenangi gelar juara Piala Dunia U-20 edisi 1999 di Nigeria.

* Menjadi kapten Timnas Spanyol menjuarai Piala Eropa (Euro) 2008 yang merupakan trofi pertama La Furia Roja sejak 1964 memuncaki turnamen serupa.

* Membuat penyelamatan gemilang dengan memblok tendangan penyerang Belanda Arjen Robben dalam final Piala Dunia 2010 dan membawa trofi Piala Dunia pertama kalinya bagi Spanyol sepanjang sejarah. Casillas hanya kemasukan 2 gol sepanjang turnamen di Afrika Selatan itu.

* Pada November 2011 menjadi pemain Timnas Spanyol dengan jumlah penampilan paling banyak dengan 126 pertandingan, memecahkan rekor Andoni Zubizarreta.

* Menjuarai Euro 2012 dan sepanjang turnamen berlangsung mencatat 509 menit tanpa kemasukan gol.

* Tampil buruk di Piala Dunia 2014 di Brasil dan Spanyol sebagai juara bertahan akhirnya kandas di fase grup. Casillas membuat blunder ketika kalah 1-5 dari Belanda dalam pertandingan pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper