Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata Seharusnya Maroko Tuan Rumah Piala Dunia 2010

Fakta mengejutkan muncul terkait dengan penunjukan tuan rumah Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan. Menurut The Telegraph, sesungguhnya yang memenangi pemungutan suara di FIFA pada saat itu ialah Maroko, namun dimanipulasi hingga muncullah Afsel.
Markas FIFA di Zurich, Swiss/Reuters-Arnd Wiegmann
Markas FIFA di Zurich, Swiss/Reuters-Arnd Wiegmann

Bisnis.com, JAKARTA - Fakta mengejutkan muncul terkait dengan penunjukan tuan rumah Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan. Menurut The Telegraph, sesungguhnya yang memenangi pemungutan suara di FIFA pada saat itu ialah Maroko, namun dimanipulasi hingga muncullah Afsel.

Ismail Bhamjee, mantan anggota Komite Eksekutif Federation Internationale de Football Association (FIFA) dari Maroko, secara rahasia merekam proses terjadinya pemanipulasian hasil penghitungan suara tersebut.

Satu surat kabar di Afsel juga mengungkapkan bahwa pada 2007, di mana proses penentuan tuan rumah Piala Dunia 2010 tengah berlangsung, juga mendapatkan email yang memperlihatkan ada ‘diskusi’ antara Presiden FIFA Sepp Blatter dan Presiden Afsel Thabo Mbeki tentang pembayaran 10 juta dolar AS ke rekening mantan Wakil Presiden FIFA Jack Warner.

Pada perkembangan senada, The Sunday Times melaporkan pernyataan Bhamjee bahwa sebenarnya Maroko unggul dua suara dalam pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2010.

Bhamjee sendiri pernah memicu kontroversi yang membuatnya dibuang oleh FIFA seteklah mengakui bahwa dia berperan dalam menjual harga tiket Piala Dunia 2006 di Jerman tiga kali lipat dari yang seharusnya.

Setelah ditendang FIFA, Bhamjee pada 2011 juga sempat mengeluarkan pernyataan yang kontroversial yakni Qatar memenangi bidding tuan rumah Piala Dunia 2010 setelah berhasil membayar sejumlah anggota Komite Eksekutif FIFA yang berasal dari Afrika untuk menukar suara mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : The Telegraph & The Sunday Times
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper