Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSSI Ungkap Ada Anggota Tim Transisi Pernah Terlibat Konflik

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menilai Tim Transisi bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga rentan membawa kembali sisa-sisa konflik PSSI pada 2011-2013.n
Kantor PSSI di Senayan, Jakarta/Antara-Hafidz Mubarak
Kantor PSSI di Senayan, Jakarta/Antara-Hafidz Mubarak

Bisnis.com, JAKARTA – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menilai Tim Transisi bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga rentan membawa kembali sisa-sisa konflik PSSI pada 2011-2013.

Anggota Komite Eksekutif PSSI Djamal Azis mengatakan salah satu skuad Tim Transisi, Saut Hamonangan Sirait, merupakan bagian dari kelompok Liga Primer Indonesia yang pernah berkuasa di PSSI selama 2011-2013.

Kehadiran Saut, tambah dia, membuat netralitas Tim Transisi diragukan. Pasalnya, saat ini PSSI praktis dikuasai oleh pendukung Komite Penyelamat Sepak Bola Seluruh Indonesia (KPSI), seteru kelompok LPI pada waktu itu.

“Dia dulu kan anggota Komite Etik dan Komite Bersama PSSI. Jadi tanya saja kepada Kemenpora mengapa memilih dia,” katanya saat dihubungi Bisnis.com, Jumat (15/5/2015).

Menurut Djamal, kelompok LPI gagal membawa perbaikan bagi dunia persepakbolaan Indonesia. Malah, kata dia, klub-klub yang bergabung dengan kompetisi itu akhirnya terpecah-belah dan sebagian terlikuidasi.

Terpisah, Deputi V Kemenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan kementerian berupaya menghindari tokoh-tokoh yang pernah terlibat konflik masuk ke dalam Tim Transisi. Namun, khusus mengenai Saut, dia mengaku belum menelusuri rekam jejak yang bersangkutan.

“Nanti saya cek lagi. Kami akan tanya ke beliau,” ujarnya.

Namun, mantan Kepala Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika ini enggan berspekulasi pilihan apa yang akan diambil bila akhirnya Saut terbukti pernah tersangkut dalam konflik terdahulu.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi membentuk Tim Transisi Jumat pekan lalu dengan anggota berjumlah 17 orang. Tim itu beranggotakan a.l. Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, Komisaris Telkomsel Diaz Hendropriyono, dan Pendiri Kaskus Andrew Darwis.

Namun, empat orang anggota Tim Transisi telah mengundurkan diri. Mereka adalah Velix Wanggai, Darmin Nasution, Farid Husain, dan Ridwan Kamil dengan mengemukakan berbagai alasan.

Tim Transisi akan mengambil alih fungsi dan wewenang PSSI setelah dibekukan pertengahan bulan lalu dan bertanggung jawab langsung kepada Menpora. Selain itu, Tim juga akan menyiapkan pelaksanaan Kongres Luar Biasa PSSI untuk memilih pengurus definitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper