Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HASIL PIALA AFRIKA 2015: Pantai Gading Lolos, Guinea & Mali Diundi

Pantai Gading lolos ke 8 besar Piala Afrika setelah menang atas Kamerun, sementara Guinea dan Mali harus diundi karena memiliki nilai, selisih gol, gol memasukkan, dan gol kemasukan yang persis sama.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 29 Januari 2015  |  07:54 WIB
Suka cita skuat Pantai Gading setelah memastikan lolos ke 8 besar Piala Afrika - Reuters/Amr Abdallah Dalsh
Suka cita skuat Pantai Gading setelah memastikan lolos ke 8 besar Piala Afrika - Reuters/Amr Abdallah Dalsh

Bisnis.com, JAKARTA - Pantai Gading lolos ke babak 8 besar mewakili Grup D Piala Afrika 2015 di Guinea Khatulistiwa setelah pada pertandingan Kamis WIB (29/1/2015) menundukkan Kamerun dengan skor tipis 1-0.

Di Stadion Malabo, Pantai Gading memetik angka penuh berkat gol semata wayang dari Mark Alain Gradel pada menit ke-36. Ini kemenangan pertama Pantai Gading. Dua laga sebelumnya berakhir seri 1-1 ketika melawan Guinea dan Mali.

Kemenangan Pantai Gading tersebut juga merupakan satu-satunya pertandingan di Grup D yang tidak berakhir dengan skor 1-1. Lima laga lainnya semua berakhir imbang 1-1 termasuk Guinea vs Mali yang digelar pada saat bersamaan di Stadion Mongomo.

Akibat Guinea vs Mail skor 1-1, satu lagi wakil Grup D pun harus ditentukan melalui undian. Hingga seluruh pertandingan fase grup berakhir, nilai, selisih gol, gol memasukkan, dan gol kemasukan kedua tim persis sama.

Guinea dan Mali telah bermain tiga kali dan seluruh pertandingan berakhir dengan skor seri 1-1, sehingga penentuan posisi runner up yang akan mendampingi Pantai Gading ke perempat final akan ditentukan melalui undian yang dilakukan pada Kamis ini.

Pengundian untuk menentukan tim yang lolos ke babak berikutnya di Piala Afrika pernah terjadi pada edisi 1988. Ketika itu Aljazair dan Pantai Gading memiliki nilai, selisih gol, gol memasukkan, dan gol kemasukan juga persis sama. Hasil undian menetapkan Aljazair lolos ke semifinal turnamen yang pada saat itu baru diikuti delapan tim.

Klasemen akhir Grup D:

Pantai Gading   3   1   2   0   3-2   5

Mali   3   0   3   0   3-3   3

Guinea   3   0   3   0   3-3   3

Kamerun   3   0   2   1   2-3   2.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala afrika

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top