Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSSI Segera Tentukan Pengganti Alfred Riedl

Sekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono mengatakan pihaknya akan segera menentukan pelatih timnas senior setelah kerja sama dengan Alfred Riedl berakhir usai gagal membawa Timnas Garuda meraih posisi tertinggi pada Piala AFF 2014.
Pelatih tim nasional Indonesia Alfred Riedl./Antara
Pelatih tim nasional Indonesia Alfred Riedl./Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Sekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono mengatakan pihaknya akan segera menentukan pelatih timnas senior setelah kerja sama dengan Alfred Riedl berakhir usai gagal membawa Timnas Garuda meraih posisi tertinggi pada Piala AFF 2014.

"Maret ada FIFA Match Day. Jadi medio Januari-Februari 2015 harus punya pelatih baru," kata Joko Driyono sebelum melihat pertandingan Timnas Indonesia U-16 melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu.

Untuk menentukan siapa pelatih Timnas Indonesia senior, kata dia, PSSI bersama dengan Badan Tim Nasional (BTN) akan melibatkan direktur teknik asal Belanda yang baru saja ditetapkan yaitu Pieter Huistra.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga meminta masukan dan pertimbangan dari Alfred Riedl terkait dengan karakter pelatih yang tepat untuk menangani Timnas Garuda guna menghadapi beberapa kejuaraan internasional.

"Tahun depan selain ada FIFA Match Day juga ada kualifikasi Piala Asia dan Piala Dunia. Makanya, kami posisi pelatih harus segera disini," kata pria yang juga CEO PT Liga Indonesia itu.

Timnas Indonesia senior yang diharapkan mampu meraih prestasi terbaik pada Piala AFF 2014 ternyata gagal total meski Timnas Garuda kembali ditangani pelatih asal Austria yaitu Alfred Riedl. Target menjadi juara tetapi malah gagal difase grup.

Kondisi ini berdampak pada posisi Alfred Riedl. Berdasarkan kesepatakan yang ada, mantan pelatih Vietnam itu dikontrak satu tahun dengan opsi penambahan dua tahun jika mampu membawa timnas juara secara otomatis kontrak diperpanjang.

Meski demikian, hasil tidak sesuai dengan harapan. Timnas bahkan gagal melangkah ke semifinal. Dengan demikian, secara otomatis kontrak Alfred Riedl berakhir terhitung per Desember tahun ini.

Atas kegagalan timnas di Piala AFF 2014, PSSI bersama dengan BTN akan melakukan evaluasi total. Sesuai dengan rencana, evaluasi akan dilakukan 10-11 Desember.

"Dengan evaluasi akan diketahui penyebab kegagalan timnas. Kami berharap dalam dua hingga tahun kedepan timnas kita akan kembali berjaya," kata Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin di Kantor PSSI Senayan, Jakarta.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper