Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA AFRIKA 2015: Tahan Seri Bostwana, Tunisa Lolos Kualifikasi

Tunisia menjadi negara ketiga yang mengamankan tempat di Piala Afrika 2015, ketika mereka bermain imbang 0-0 dengan Bostwana pada Jumat.
Tim Tunisia lolos babak kualifikasi Piala Afrika 2015./fifa.com
Tim Tunisia lolos babak kualifikasi Piala Afrika 2015./fifa.com

Bisnis.com, GABORONE -  Tunisia menjadi negara ketiga yang mengamankan tempat di Piala Afrika 2015, ketika mereka bermain imbang 0-0 dengan Bostwana pada Jumat (14/11/2014).

Perolehan satu angka pada pertandingan kelima membuat tim ELang-Elang Kartage mengoleksi 11 angka di Grup G dan memastikan mereka finis di dua posisi teratas serta lolos untuk putaran final yang berlangsung pada 17 Januari sampai 8 Februari di Equatorial Guinea.

Aljazair dan Kepulauan Cape Verde telah terlebih dahulu mengamankan tempat di turnamen tiga pekan itu pada bulan lalu.

Mesir menjamu Senegal pada Sabtu pada pertandingan Grup G lainnya, dan dengan hanya satu angka yang memisahkan tim-tim, hasil pertandingan itu dapat menentukan tim mana yang akan mendampingi Tunisia.

Memaksakan hasil imbang di Stadion nasional di Gaborone berarti Bostwana mengakhiri laju empat kekalahan beruntun di fase grup, yang dimulai dengan kekalahan 1-2 dari Tunisia dua bulan silam.

Pantai Gading memperbesar peluang mereka untuk mencapai turnamen sepak bola Afrika dua tahunan itu, dengan menaklukkan Sierra Leone dengan skor 5-1 di Grup D di Stade Felix Houphouet-Boigny di Abidjan.

Mantan penyerang Chelsea Salomon Kalou mencetak dua gol dan bek Liverpool Kolo Toure, Max-Alain Gradel, dan Gervinho juga menyumbang gol bagi tim Gajah-gajah.

Gol Mustapha Bangura pada pertengahan babak pertama menyamakan kedudukan, setelah Toure - saudara kandung Pemain Terbaik Afrika Yaya Toure - mencetak gol pada menit ketujuh.

Pertandingan babak kedua berlangsung berat sebelah di mana permainan lebih banyak terjadi di mulut gawang tim Bintang-bintang Leone, yang terpaksa tidak dapat memainkan pertandingan di kandang sendiri karena epidemi Ebola.

Pantai Gading berada di peringkat kedua dengan sembilan angka, tertinggal satu angka dari Kamerun dan unggul tiga angka atas Republik Demokratik Kongo, yang akan bermain di Yaounde pada Sabtu.

Terdapat 12 pertandingan kualifikasi yang direncanakan dimainkan pada Sabtu, di mana juara bertahan Nigeria memerlukan kemenangan di Congo Brazzaville untuk memiliki peluang realistis untuk dapat lolos.

Equatorial Guinea ditunjuk menjadi tuan rumah yang baru pada Jumat, menggantikan Maroko yang didiskualifikasi.

Pemerintah Maroko menginginkan Piala Afrika ditunda karena epidemi Ebola, yang telah menewaskan 5.160 orang pada tahun ini, kebanyakan di Liberia, Guinea, dan Sierra Leone.

Hasil-hasil pertandingan kualifikasi Piala Afrika 2015 pada Jumat:

Grup D Di Abidjan Sierra Leone 1 (Bangura 24) Pantai Gading 5 (K. Toure 7, Kalou 49, 72, Gradel 53, Gervinho 60)

Catatan: pertandingan dipindahkan dari Freetown karena epidemi Ebola

Sabtu

Di Yaounde Kamerun vs Republik Demokratik Kongo

Klasemen

Kamerun 4 3 1 0 8 1 10

Pantai Gading 5 3 0 2 12 11 9

RD Kongo 4 2 0 2 7 7 6

Sierra Leone 5 0 1 4 2 10 1

Grup G

Jumat: Di Gaborone Botswana 0 Tunisia 0

Sabtu Di Kairo Mesir vs Senegal

Klasemen

Tunisia 5 3 2 0 4 1 11 - lolos

Senegal 4 2 1 1 4 1 7

Mesir 4 2 0 2 4 3 6

Botswana 5 0 1 4 1 8 1

Catatan: para juara grup dan runner up serta tim peringkat ketiga terbaik akan lolos ke turnamen yang dimainkan di Equatorial Guinea pada 17 Januari sampai 8 Februari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara/fifa.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper