Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Final Sea Games 2013, Indonesia Vs Thailand, Head to Head, SCTV Live, Gajah Putih Lebih Dominan

Selangkah lagi Timnas U-23 mewujudkan mimpi meraih emas Sea Games 2013 Myanmar, tetapi bukan perkara mudah bagi Garuda Muda untuk merobohkan kekuatan Tim Gajah Putih Thailand.

Bisnis.com, JAKARTA - Selangkah lagi Timnas U-23 mewujudkan mimpi meraih emas Sea Games 2013 Myanmar, tetapi bukan perkara mudah bagi Garuda Muda untuk merobohkan kekuatan Tim Gajah Putih Thailand.

Laga final Sea Games 2013 yang akan digelar di Zeyar Thiri Stadium, Naypyitaw, Sabtu (21/12) yang bakal ditayangkan STCV pukul 19.30 WIB itu merupakan peluang bagi Merah Putih untuk membalas kekalahan pada laga final 1997. Thailand menang 5-3 dalam drama adu penalti. Sebaliknya, Indonesia pernah mengalahkan Thailand pada Sea Games 1991 skor 4-3 (adu penalti).

Akankah laga final kali ini diakhiri dengan tos-tosan lagi? Yang jelas, secara statistik Thailand jauh di atas angin. Mereka hanya kalah 3 kali dari Indonesia, dua lewat adu penalti dan hanya sekali kalah lewat laga normal dengan skor 'hanya' 3-1 dalam fase grup Sea Games 2011.

Namun, Thailand menorehkan rekor 12 kali menang dari total 17 laga di arena Sea Games. Tim Gajah Putih pun beberapa kali menang telak, misalnya dalam Sea Games 1985 dengan skor 7-0 yang berbuntut pemecatan pelatih Harry Tjong.

Rekor jelek itu tidak lantas mengecilkan tekad dan nyali Garuda Muda.

"Mereka (pemain) punya keinginan kuat untuk memenangi pertandingan. Pertandingan nanti bukan hanya masalah teknik dan strategi, tapi juga mental," kata pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan, setelah memimpin latihan di lapangan Wunna Theikdi, Jumat (20/12).

Demi meraih target yang telah ditetapkan, pelatih Rahmad Darmawan telah menyiapkan formasi terbaik. Bahkan, pelatih yang akrab dipanggil RD ini juga telah mengetahui kekuatan dan kelemahan calon lawan.

Secara statistik, Timnas Indonesia kurang beruntung jika berhadapan dengan Thailand. Dari 17 kali pertemuan sejak 1977, Thailand menang sebanyak 12 kali dan Indonesia hanya satu kali menang.

Salah satu kekalahan yang didapat Timnas Garuda adalah saat menjalani pertandingan penyisihan Grup B SEA Games 2013 Myanmar. Saat itu Alfin Tuasalamony dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Tim Gajah Putih itu dengan skor 1-4.

"Thailand merupakan tim kuat dan telah menganut sepak bola modern. Kita juga sudah bertemu sebelumnya. Sekarang tinggal bagaimana kita untuk meraih yang terbaik," kata Rahmad Darmawan.

Saat menghadapi anak asuh Kiatisuk Senamuang di partai final, kemungkinan besar Rahmad Darmawan akan memperkuat lini tengah Tim Garuda Muda itu dengan skema 4-5-1 atau hanya menyiapkan satu penyerang.

Hal ini dilakukan untuk menghalau serangan dari pemain Thailand yang terkenal dengan memiliki kecepatan dan keterampilan individu yang mampuni. Selain itu lawan selama ini sudah haus akan emas SEA Games.

Sebelumnya pelatih Timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang mengatakan untuk menghadapi Indonesia pada partai puncak bukan perkara mudah meski di pertandingan penyisihan mampu dikalahkan.

"Indonesia tim yang kuat, terbukti mampu ke final. Sebelumnya juga mengalahkan tuan rumah Myanmar dan Malaysia," katanya.

Thailand melangkah ke final SEA Games 2013 setelah di semifinal mengalahkan Singapura di Zeyar Thiri Stadium, Kamis (19/12) dengan skor tipis 1-0.

Berkiut Head to Head Indonesia Vs Thailand:

Sea Games 1977
Indonesia 1-1 Thailand

Sea Games 1979
Fase grup: Indonesia 1 – 3 Thailand
Fase play-off: Indonesia 0 – 0 Thailand (Indonesia menang adu penalti 3-1 atas Thailand dan lolos ke final)

Sea Games 1981
Thailand 2 – 0 Indonesia

Sea Games 1983
Thailand 5 – 0 Indonesia

Sea Games 1985
Thailand 7 – 0 Indonesia

Sea Games 1987
Indonesia 0 – 0 Thailand

Sea Games 1991
Indonesia 0 – 0 Thailand (Indonesia menang adu penalti 4-3 atas Thailand)

Sea Games 1993
Thailand 1 – 0 Indonesia

Sea Games 1995
Thailand 2 – 1 Indonesia

Sea Games 1997
Indonesia 1 – 1 Thailand (Thailand menang adu penalti skor akhir 3-5 atas Indonesia)

Sea Games 2001
Thailand 2 – 1 Indonesia

Sea Games 2003
Indonesia 0 – 6 Thailand

Sea Games 2005
Thailand 3 – 1 Indonesia

Sea Games 2007
Thailand 2 – 1 Indonesia

Sea Games 2011
Indonesia 3 – 1 Thailand

Sea Games 2013 (penyisihan Grup B)
Indonesia 1–4 Thailand

Dari 17 kali pertemuan kedua tim, Indonesia hanya memperoleh kemenangan tiga kali, imbang satu kali, dan kalah 13 kali dari Thailand

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara/Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper