Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semifinal Sea Games: Indonesia U-23 vs Malaysia Skor 5-4, Indonesia ke Final

Timnas Indonesia U-23 langsung memberikan tekanan terhadap pemain Malaysia pada menit-menit awal.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 mampu mengalahkan Malaysia dengan skor 5-4 melalui adu penalti, sehingga berhak lolos ke fina Sea Games 2013.

Pada babak pertama, Timnas U-23 unggul 1-0. Kemudian menjelang babak kedua berakhir, skor menjadi imbang 1-1. Oleh karena itu, pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Babak perpanjangan waktu 2x15 menit, skor masih tetap 1-1, sehingga dilanjutkan melalui adu penalti. Pahabol menjadi pahlawan setelah tendangan penalti terakhirnya gol dan membawa Indonesia menang dengan skor 5-4.

Selama 5 menit pertama, Kurnia Mega dkk. masih menguasai pertandingan dan beberapa kali menusuk ke kotak penalti.

Setelah terus menekan pertahanan Malaysia, akhirnya Bayu Gatra mampu menjebol gawang Izham pada menit ke-30. Bayu Gatra menendang bola dengan keras dari dalam kotak penalti setelah mendapatkan umpan dari Fandi.

Menit ke-36, pemain Malaysia mendapatkan peluang emas, ketika bola liar di dalam kotak penalti Indonesia, tetapi tendangan voli Asri Chu masih bisa diblok oleh bek Indonesia.

Malaysia kembali mengancam gawang Kurnia Mega pada menit ke-38 ketika Shahrul menendang bola dengan keras, tetapi masih bisa diblok oleh bek Timnas U-23.

Bayu Gatra dkk. terus memberikan tekanan kepada pertahanan Malaysia. Skor masih tetap 1-0. Skor itu masih belum aman bagi Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke final.

Pertandingan babak pertama selesai, skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Memasuki babak kedua. Kedua tim saling berganti melakuan serangan. Beberapa kali serangan Malaysia membahayakan pertahanan Indonesia.

Menit ke-70, skor masih 1-0 untuk Indonesia. Menit ke-70, tendangan pojok Timnas Indonesia. Menit ke-72, tendangan keras dari pemain Malaysia masih bisa diblok oleh Kurnia Mega.

 Malaysia terus menyusun serangan untuk berusaha menyamakan kedudukan.

Menit ke-80, peluang emas Malaysia, ketika tendangan dari pemain Malaysia masih bisa diblok oleh Kurnia Mega.

Menit ke-85, terjadi gol dari pemain Malaysia Thamil. Berdiri bebas di dalam kotak penalti, Thamil langsung menendang bola dengan keras sehingga tidak dapat dihalau oleh Kurnia Mega.

Menit 89: Peluang emas bagi Indonesia, umpan silang Bayu Gatra dari sebelah kiri pertahanan Malaysia disambut dengan sundulan oleh Andik, tetapi sayang sekali sundulan itu masih melebar di sebelah kanan gawang Malaysia.

Menit 90+4: Wasit meniup peluit panjang, pertandingan babak kedua selesai dengan skor 1-1.

Pertandingan dilanjutkan melalui babak perpanjangan waktu 2x15 menit. Jika dalam waktu 2x15 menit masih imbang, maka akan dilanjutkan dengan adu penalti.

Babak pertama perpanjangan waktu dimulai. Kedua tim saling silih berganti melakukan penyerangan. Pahabol masuk menggantikan Andik.

1x15 menit, babak pertama perpanjangan waktu usai.

Babak kedua perpanjangan waktu dimulai. Peluang bagi Indonesia menit ke 109, melalui tendangan pojok yang diambil oleh Pahabol.

Menit 112: skor masih tetap 1-1, kedua tim saling melancarkan serangan. Selama babak kedua perpanjangan waktu, belum ada serangan yang membahayakan.

Menit ke-119: Tendangan bebas Indonesia dilakukan oleh Bayu Gatra, tetapi bola dengan mudah ditangkap Izham.

Menit 120: Babak perpanjangan waktu selesai, wasit meniup peluit panjang. Kedudukan masih tetap 1-1.

Pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti.

Penendang bola penalti

Indonesia

gol

Malaysia

gol

Alfin

Gol

Thamil

X

Diego

Gol

Shahrul

X

Lestusen

X

 

Gol

Yandi

Gol

Shaas

Gol

Pahabol

Gol

 

Gol

 

Susunan pemain

Indonesia: Kurnia Meiga, Manahati Lestusen, Syaifuddin, Diego Michiels, Alfin Tuasalamony, Egi Melgiansyah, Rizky Pellu, Ramdhani Lestaluhu, Bayu Gatra, Fandi Eko Utomo, Yandi Sofyan.

Pelatih: Rahmad Darmawan

Malaysia: Izham Tharmizi, K. Reuben, Zubir Azmi, Fadhli Shaas, Shahrul Saad, Nasir Basharuddin, Irfan Fazail, Asri Chu Chu, D.Sarvindran, Thamil Arassu,Rozaimi Abd Rahman.

Pelatih: Datuk Ong Kim Swee

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper