Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pendapatan Hak Siar 5 Liga Top Eropa US$6,7 Miliar

Tumbuhnya penawaran hak siar televisi di Jerman dan Inggris mengangkat pendapatan lima liga Eropa paling top 25% menjadi total US$6,7 miliar atau 5 miliar euro per musim, demikian data dalam satu laporan.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 12 November 2013  |  06:15 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Tumbuhnya penawaran hak siar televisi di Jerman dan Inggris mengangkat pendapatan lima liga Eropa paling top 25% menjadi total US$6,7 miliar  atau 5 miliar euro per musim, demikian data dalam satu laporan.

TV Sports Markets, penyediaan informasi bagi lembaga penyiaran dan organizaciones olahraga, mengatakan dalam laporannya Football Media Money League yang terbaru mengatakan siklus penjualan hak sampai 2016 di Inggris, Prancis, Jerman, Italia dan Spanyol menambah 1 miliar europ dari tiga musim periode sebelumnya.

" Konten liga sepak bola tetap yang paling dicari  media di dunia dan semua indikasi adalah nafsu makan penyiar  olahraga di tingkat elit tidak menunjukkan tanda berkurang," kata Frank Dunne , Editor TV Sport Markets, dalam sebuah pernyataannya melalui e -mail.

Permintaan untuk penyiaran sepakbola digarisbawahi adalah dua hari yang lalu Ketika BT Group Plc  mengatakan itu membayar  hak life £ 900,000,000 ( US$$ 1,44 miliar) untuk siaran life eksklusif selama tiga tahun untuk  Inggris  untuk Liga Champions dan Liga Europa 2015-18 . Kesepakatan itu bernilai bernilai lebih dari dua kali lipat pengaturan saat ini dengan British Sky Broadcasting Group Plc dan ITV Plc , tulis British Broadcasting Corp . Sky mengatakan tawaran BT adalah " jauh melebihi " valuasi sendiri.

Liga Premier Inggris menghasilkan € 2.200 000 000 setahun dalam penjualan hak siar televisi domestik dan internasional , lebih dari dua kali lipat € 975.000.000 yang diterima oleh peringkat kedua Seri A Italia, demikian menurut laporan TV Sport Markets.

Bundesliga Hak

Sementara laporan penjualan dari  Bundesliga  541 juta euro per musim adalah terendah dibandingkan dengan  lima liga di Eropa lainnya, kenaikan 54%  dalam kontrak domestik ini menjadi lebih baik, sementara Liga Primer Inggris  melompat 63%.

Kompetisi elit Inggris adalah  musim pertama dari perjanjian tiga tahun dengan BSkyB ( BSY ) dan BT Group senilai £3.020.000.000. Pendapatan TV Bundesliga akan tumbuh menjadi €674.000.000 per musim mulai 2015 , kata laporan itu .

"Hak-hak dalam negeri dalam sepakbola Jerman secara historis rendah. Karena kurangnya kompetisi di pasar TV berbayar Jerman," kata Dunne . "Hanya dalam kesepakatan terbaru , Deutsche Telekom memperlihatkan persaingan, sehingga Sky Deutschland terpaksa naikkan  harga."

Spanyol Primera Division di peringkat ketiga, menghasilkan lebih banyak € 70 juta   dari €710.000.000 yang dibuat oleh Prancis Ligue 1 . Liga Spanyol adalah satu-satunya dari lima kompetisi yang tidak menjual hak kolektif.

Real Madrid, Barca

Akibatnya Real Madrid dan Barcelona , dua tim terbesar, meraih lebih banyak uang dari hak siar televisi dibanding bersaing  di negara lain. Madrid  mendapatkan gabungan € 178.400.000 , sekitar €3.000.000 lebih banyak dari Barca , dari hak TV siar liga , piala domestik dan Liga Eropa pertandingan Liga , tulis satu laporan .

"Kedua klub Spanyol memiliki manfaat dalam beberapa tahun terakhir dari kinerja yang kuat di Liga Champions ," kata Dunne . " Tapi Madrid raih keuntungan di atas klub di seluruh Eropa karea dikaitan  dengan sistem penjualan hak media individual  oleh klub Liga,  mereka bagian terbesar dari pendapatan dari transaksi siaran domestik  mereka . "

TOP 10 TV TIM SEPAK BOLA DENGAN PENDAPATAN , 2012-13 MUSIM
PENJUALAN CLUB  ( Dalam juta euro))
 1 . Real Madrid 178
2. Barcelona 175
 3.  Juventus 154
 4.  AC Milan 124
 5.  Manchester United 108
 6. Chelsea 107
 7. Arsenal 99
 8. Manchester City 98
 9 . Bayern Munich 92
10 . Paris Saint - Germain 89

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liga Inggris

Sumber : Bloomberg

Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top