Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pendapatan Bayern Munchen Rp6 Triliun, Naik 20%

Bisnis.com, MANCHESTER - Klub terkaya Jerman, Bayern Munchen, membukukan rekor pendapatan yang sangat dahsyat sepanjang sejarahnya setelah pada tahun lalu tumbuh 20%, ujar Chief Executive Officer Karl-Heinz Rummenigge.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 07 Oktober 2013  |  20:03 WIB
Pendapatan Bayern Munchen  Rp6 Triliun, Naik 20%
Bagikan

Bisnis.com, MANCHESTER - Klub terkaya Jerman, Bayern Munchen, membukukan rekor pendapatan yang sangat dahsyat sepanjang sejarahnya setelah pada tahun lalu tumbuh 20%, ujar Chief Executive Officer Karl-Heinz Rummenigge.

“Kami dapat melaporkan bahwa total income kami sudah mencapai US$545 juta atau 400 juta euro,” kata  Rummenigge di  Manchester. Penjualan Bayern mencapai  332 juta  euros pada tahun fiskal lalu.

Dia mengatakan profit juga tumbuh pada periode itu. Itu diperoleh karena Bayern menjadi tim yang dalam 21 pertandingan dalam setahun tidak pernah kalah. Tim meraup earning 11 juta euro pada tahun fiscal lalu yang berakhir 30 Juni 2012.

“Semua divisi seperti  merchandise, sponsorship, penjualan tiket dan lainnya tidak pernah memperoleh sepert itu sebelumnya,” ujar mantan striker Bayern, 58. Rummenigge berada di  Manchester saat menyaksikan timnya menundukkan Manchester City 3-1 di Liga Champions pekan lalu.

Bayern, yang memenangkan  kompetisi klub elite Eropa musim lalu dan meraih gelar ke-23 kali di Liga Jerman, menjadi klub Jerman yang paling sukses di luar dan di dalam lapangan.  Bahkan menjadi klub paling hebat di dunia dalam hal perolehan dari komersialisasi terutama dari hasil sponsorship dengan Adida AG, Volkswagen AG’s Audi dan Deutsche Telekom AG’s T-Mobile.

Adidas dan  Audi masing-masing memegang 9,11% saham di klub itu. Sisanya,  81,8% dikuasai oleh lebih dari 200.000 anggota yang masing-masing membayar  50 euro per tahun sekaligus yang membuat klub mampu berjalan sampai sejauh ini.

Kombinasi pendapatan seperti itu hanya bisa disamakan  oleh Real Madrid, Barcelonadan  Manchester United, yang memperoleh pendapatan dari hasil penjualan  broadcast rights. Rummenigge mengatakan Bundesliga harus melakukan ‘lebih, lebih baik” dalam upaya  mendorong ekspansi ke seluruh dunia.  Bayern Munich akan mengumumkan hasil  annual general meeting pada 13 November 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

liga champion Bayern Munchen

Sumber : Bloomberg

Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top