Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Brasil vs Meksiko, El Tricolor Miliki Potensi Menang

Tidak ada banyak tim di dunia sepakbola yang membanggakan rekor yang bahkan cukup sukses melawan lima kali juara Piala Dunia Brasil, tetapi dalam beberapa tahun terakhir Meksiko telah membuktikan mereka memiliki apa yang diperlukan untuk mengalahkan klub kuning, the yellow-shirted powerhouse.
Neymar dan Paulinho dalam sesi latihan jelang lawan Meksiko di babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rusia/Reuters
Neymar dan Paulinho dalam sesi latihan jelang lawan Meksiko di babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rusia/Reuters

Bisnis.com, SAMARA, Rusia - Tidak  banyak tim di dunia sepakbola yang membanggakan rekor yang  cukup sukses melawan lima kali juara Piala Dunia Brasil, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, Meksiko telah membuktikan  mereka memiliki apa yang diperlukan untuk mengalahkan klub kuning, the yellow-shirted powerhouse.

Adapun tujuh tim di babak sistem gugur turnamen telah gagal untuk mencatat kemenangan tunggal atas Brasil sejak  2000 - seperti Spanyol, Denmark dan Belgia, hanya   satu yang bisa atasi raksasa Amerika Selatan  itu - Meksiko telah memenangkan enam dari 14 pertandingan mereka dengan Brasil dalam periode waktu yang sama.

Hanya Prancis, yang telah mengalahkan Brasil tiga kali dalam enam pertemuan, memiliki catatan yang lebih baik dari tim yang tersisa di babak 16 besar.

Lebih mengesankan lagi, Meksiko telah memenangkan enam dari sembilan pertandingan terakhir mereka melawan Brasil, kalah hanya dua kali, dan akan masuk ke 16 pertandingan terakhir mereka di Samara pada Senin dengan penuh kepercayaan diri.

Meksiko juga yang mengalahkan Brasil untuk memenangkan medali emas di Olimpiade 2012 di London dan Meksiko menahan tuan rumah imbang tanpa gol di babak grup Piala Dunia empat tahun lalu.

Namun, pada berbagai kesempatan di masa lalu, keberhasilan-keberhasilan ini  atas saingan-saingan terkenal mereka dari selatan telah membuktikan kebuntuan palsu bagi Meksiko dan sering menjadi katalisator bagi Brasil.

Kemenangan 1-0 Meksiko di Copa America 2001 adalah contohnya. Ini adalah turnamen yang membawa bencana bagi Brasil, yang tersingkir oleh Honduras pada awal pemerintahan Luiz Felipe Scolari. Namun, tim itu kemudian memenangkan Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan hanya 12 bulan kemudian.

Demikian juga, pada 2007 Copa America, Meksiko  menyerahkan Dunga kekalahan pertamanya sebagai pelatih Brasil. Brasil melanjutkan untuk memenangkan turnamen, sementara Meksiko kalah di semifinal.

Rekor El Tricolor

Meksiko mungkin telah menghasilkan beberapa penampilan bagus selama bertahun-tahun, tetapi ketika datang ke permainan krisis mereka sering gagal untuk memberikannya, sebagaimana dibuktikan oleh catatan luar biasa mereka baru-baru ini di tahap knockout Piala Dunia.

Kekalahan mereka ke Belanda di babak 16 besar pada  2014 adalah keenam kalinya berturut-turut El Tricolor telah tersingkir di babak kedua.

Meksiko terakhir mencapai babak perempat final ketika mereka menjadi tuan rumah turnamen pada 1986 dan meski tampil di 15 Piala Dunia, mereka hanya tampil dalam delapan besar dua kali, dua kali sebagai tuan rumah.

Jika mereka ingin melewati punuk dan maju ke perempat final untuk pertama kalinya dalam lebih dari 30 tahun, mereka harus mengatasi Brasil menggunakan organisasi pertahanan yang sama dan kecepatan pada serangan balik yang dilakukan untuk Jerman pada tahap grup.

Namun, Brasil bukan Jerman dan memiliki lebih banyak kreativitas dan keluwesan ke depan, yang dapat menyebabkan masalah bagi tim Meksiko yang masih belum pulih dari kekalahan 3-0 ke Swedia yang hampir mengakhiri turnamen mereka.

Ini menjanjikan untuk menjadi pertarungan penuh aksi di Samara di mana  kedua belah pihak  memilki banyak kecepatan, tetapi pertahanan yang rentan dapat menyerang diri mereka sendiri.

Jika Meksiko dapat memanfaatkan semangat dari hasil terbaru melawan Brasil, mereka bisa mencatat kemenangan paling mengesankan atas lawan-lawan mereka yang terkenal dan mengubah sejarah baru Piala Dunia Meksiko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper