Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Piala Presiden: Abdul Rohim Gagalkan 4 Penalti Persebaya, PSMS ke Semifinal

PSMS Medan berhasil menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala Presiden 2018 berkat kehebatan penjaga gawang PSMS Abdul Rohim yang menggagalkan empat tendangan penalti on target dari Persebaya.
Kiper PSMS Medan Abdul Rohim (kanan) mengganjal Ricky Kayame (Persebaya) dalam 8 besar Piala Presiden 2018. PSMS akhirnya menang adu penalti 4-3 atas Persebaya./Antara-Maulana Surya
Kiper PSMS Medan Abdul Rohim (kanan) mengganjal Ricky Kayame (Persebaya) dalam 8 besar Piala Presiden 2018. PSMS akhirnya menang adu penalti 4-3 atas Persebaya./Antara-Maulana Surya

Bisnis.com, JAKARTA - PSMS Medan berhasil menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala Presiden 2018 berkat kehebatan penjaga gawang PSMS Abdul Rohim yang menggagalkan empat tendangan penalti on target dari Persebaya.

Sebagaimana disiarkan secara langsung Indosiar, permainan 90 menit laga perdana 8 besar skor berakhir imbang 3-3, sehingga penentuan pemenang dilakukan melalui adu penalti, karena memang regulasi yang ditetapkan panpel Piala Presiden tidak memberlakukan perpanjangan waktu jika laga perempat final seri selama 90 menit.

Hingga akhir babak pertama PSMS unggul dengan skor tipis 2-1 atas Persebaya. Dalam pertandingan di Stadion Manahan di Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (3/2/2018), PSMS membuka skor lebih dahulu melalui sundulan kepala Wilfred Yessoh pada menit ke-5.

Gol ini merupakan penuntasan satu serangan balik. Penyerang PSMS Antoni Putro Nugroho mengiris sisi kiri pertahanan Persebaya dan melepas umban lambung yang dengan manis disambar sundulan kepala Yessoh. Skor 1-0.

Selepas gol itu, Persebaya membangun serangan bergelombang. PSMS pun memperkuat pertahananya. Sejumlah peluang Persebaya pun lepas begitu saja.

Gol Persebaya akhirnya datang pada menit ke-32 melalui eksekusi penalti Irfan Jaya. Wasit Thoriq Alkatiri menetapkan penalti setelah kiper PSMS Abdul Rohim mengganjal penyerang Persebaya Ricky Kayame di dalam kotak terlarang. Skor 1-1.

Namun, skor saat turun minum akhirnya 2-1 untuk PSMS. Gol kedua skuat Ayam Kinantan kembali hadir berkat serangan balik. Kali ini, dengan memanfaatkan umpan terobnosan Samuel Nainggolan Sibatuara, Sadney Urikhob menembus gawang Persebaya yang dikawal Miswar Saputra dengan bidikan kaki kiri mendatar untuk mengubah skor 1-2 saat jeda.

Memasuki babak kedua, PSMS langsung menggebrak. Alhasil baru 21 detik berjalan, PSMS menambah keunggulan menjadi 3-1 lewat tendangan keras Frets Listanto Butuan dari dalam kotak penalti.

Namun, Persebaya bangkit membalas dua gol dalam rentang waktu hanya 3 menit. Pada menit 65 Ferinando Pahabol melepas tendangan kaki kiri keras dari dalam kotak penalti setelah mengelabui kapten PSMS Legimin Raharjo sehingga skor 3-2.

Hanya 3 menit kemudian, giliran Nelson Alom melepas tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola meluncur sangat deras dan memang terlalu sulit untuk diselamatkan kiper PSMS Abdul Rohim. Skor 3-3 bertahan hingga laga usai.

Dalam drama adu penalti, akhirnya Abdul Rohim tampil sebagai pahlawan dengan menggagalkan empat dari tujuh eksekusi penalti pemain Persebaya. Sedangkan PSMS tiga kali gagal menjebol gawang Persebaya dalam adu penalti, dua di antaranya melenceng, sehingga skor 4-3 untuk PSMS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper