Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Senang Indonesia Raih Emas di Olimpiade Paris 2024: Selamat Veddriq

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi atlet panjat tebing kategori speed Veddriq Leonardo yang meraih emas Olimpiade Paris 2024.
Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo meraih emas Olimpiade Paris 2024/ REUTERS-Benoit Tessier
Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo meraih emas Olimpiade Paris 2024/ REUTERS-Benoit Tessier

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi atlet panjat tebing kategori speed Veddriq Leonardo yang memecahkan telur dengan membawa emas pertama dari Olimpiade Paris 2024  bagi Indonesia.

“Olimpiade Paris 2024 membawa kebanggaan baru bagi Indonesia berkat Veddriq Leonardo, atlet panjat tebing kebanggaan bangsa, yang meraih medali emas Indonesia pertama di Olimpiade Paris 2024,” ujarnya dikutip melalui akun twitter @jokowi, Kamis (8/8/2024)

Orang nomor satu di Indonesia itu menilai bahwa Veddriq telah mencatatkan sejarah tak hanya bagi Indonesia, tetapi juga cabang olahraga (cabor) panjat tebing.

“Raihan ini sekaligus menjadi sejarah penyumbang emas pertama Indonesia dari cabang panjat tebing kategori speed wall climbing Olimpiade. Selamat,” pungkas Jokowi.

Sekadar informasi, Veddriq Leonardo menjadi satu-satunya atlet panjat tebing speed putra Indonesia yang lolos ke perempat final, akhirnya berhasil sumbanglan medali emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024 pada Kamis (8/8/2024) sore.

Veddriq memastikan dirinya menjadi juara pertama dan berhak mendapatkan medali emas setelah mengalahkan lawannya Wu Peng atlet asal Cina di final dengan waktu 4,75 detik mengalahkan lawannya yang hanya berhasil mencatatakan 4,77 detik.

Perjuangan Veddriq mendapatkan medali emas dimulai dengan mengalahkan atlet asal tuan tumah di perempat final dengan waktu 4,88 detik yang membuatnya dirinya lolos ke semi final.

Di semi final, Veddriq semakin menggila. Ia menuntaskan babak tersebut dengan catatan waktu 4,78 detik mengalahkan lawannya Alipour Alireza dari Iran yang hanya mencatakan waktu 4,84 detik. Hasil tersebut membuatnya dirinya melaju ke final.

Tidak berhenti di situ, Veddriq yang sempat menyamai rekor dunia tercepat milik Samuel Watson asal USA, menunjukkan kemampuan terbaiknya di babak akhir tersebut sehingga memastikan dirinya meraih medali emas mengalahkan lawannya Wu Peng asal Cina dengan waktu terbaiknya 4,75 detik.

Perolehan medali emas tersebut membuatnya menjadi atlet pertama Indonesia yang berhasil menyumbangkan medali emas di Olimpiade Paris 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper