Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Italia vs Albania Euro 2024: Comeback, Gli Azzurri Balik Unggul pada Babak 1

Berikut hasil Italia vs Albania di Euro 2024 yang berakhir dengan skor 2-1 pada babak pertama.
Gelandang Timnas Italia Nicolo Barella merayakan gol ke gawang Albania di Euro 2024 / Reuters-Bernadett Szabo
Gelandang Timnas Italia Nicolo Barella merayakan gol ke gawang Albania di Euro 2024 / Reuters-Bernadett Szabo

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Italia menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1 atas Albania dalam laga pertama di Euro 2024.

Timnas Italia bersua dengan Albania pada laga pertama Euro 2024 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Minggu (16/6/2024) dini hari.

Laga baru berumur 1 menit, Albania langsung unggul lewat Nedim Bajrami. Kesalahan Federico Dimarco dalam memberikan lemparan ke dalam membuat bola direbut Bajrami.

Tanpa kesulitan pemain bernomor punggung 10 itu menaklukkan kiper Gianluigi Donnarumma. 1-0 Albania memimpin.

Tertinggal 1 gol Italia bermain lebih agresif dengan menerapkan pressing tinggi ke pertahanan Albania.

Peluang didapatkan Lorenzo Pellegrini namun tendangannya melenceng dari target gawang.

Italia terus menggempur pertahanan Albania. Hasilnya pada menit ke-11 Italia menyamakan kedudukan melalui Alessandro Bastoni.

Skema sepak pojok Pellegrini dan Dimarco diakhiri crossing ke tiang jauh yang sukses ditanduk oleh Bastoni. Skor imbang 1-1.

Italia berbalik unggul pada menit ke-16. Scrimmage di kotak penalti Albania diselesaikan dengan tendangan voli Nicolo Barella yang bersarang di sudut kanan gawang Albania. 2-1 Italia unggul.

Setelah memimpin, Italia sedikit mengendurkan tekanan. Pelatih Italia Luciano Spalletti menginstruksikan anak asuhnya untuk menurunkan garis pertahanan.

Meski begitu, Italia masih lebih banyak menguasai bola ketimbang Albania. Gli Azzurri memaksa Albania menunggu di area pertahanan sendiri.

Menjelang akhir babak pertama Italia masih mengandalkan operan pendek kombinasi umpan lambung untuk membongkar pertahanan Albania.

Strategi ini mulai terbaca oleh Albania yang menyebabkan serangan Italia terlihat buntu dan skor 2-1 masih bertahan hingga menit ke-30.

Italia mendapat peluang emas ketika Davide Frattesi lolos ke kotak penalti pada menit ke-33. Hanya saja tendangan pemain nomor punggung 7 itu hanya membentur tiang gawang.

Pada menit ke-40 giliran Gianluca Scamacca yang mendapat peluang. Tendangan kaki kanan pemain Atalanta itu bisa diblok kiper Albania Thomas Strakosha.

Italia nyaris menambah keunggulan pada akhir babak pertama. Sayangnya umpan silang Federico Chiesa gagal disundul dengan sempurna oleh Pellegrini.

Skor 2-1 untuk keunggulan Italia bertahan hingga turun minum. Juara bertahan Euro itu membalikkan keadaan usai tertinggal lebih dulu.

Susunan Pemain Italia vs Albania

Italia (4-2-3-1): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Alessandro Bastoni, Riccardo Calafiori, Federico Dimarco; Jorginho, Nicolo Barella; Davide Frattesi, Lorenzo Pellegrini, Federico Chiesa; Gianluca Scamacca.

Pelatih: Luciano Spalletti

Albania (4-3-3): Thomas Strakosha; Elseid Hysaj, Berat Djimsiti, Arlind Ajeti, Mario Mitaj; Ylber Ramadani, Nedim Bajrami, Kristjan Asllani; Taulant Seferi, Jasir Asani, Armando Broja.

Pelatih: Sylvinho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper