Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Atlet dengan Bayaran Tertinggi, Cristiano Ronaldo Kantongi Rp4,15 Triliun

Tahukah kamu ada atlet yang mengantongi penghasilan hingga Rp4 triliun dalam setahun?
Pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo/Sporting news
Pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo/Sporting news

Bisnis.com, JAKARTA — Atlet merupakan profesi yang berpotensi memberikan bayaran tinggi, jika dibarengi dengan kemampuan dan prestasi. Hal ini terbukti pada para atlet dunia yang kini menerima bayaran hingga triliunan per tahun.

Berdasarkan daftar terbaru Forbes tentang atlet dengan bayaran termahal di dunia, 10 besarnya mengantongi pendapatan di atas US$100 juta, atau lebih dari Rp1,5 triliun per tahun.

Cristiano Ronaldo kembali memimpin, setelah delapan tahun terus menduduki peringkat teratas sebagai atlet dengan bayaran tertinggi di dunia. Bintang sepak bola Portugal berusia 39 tahun ini beralih dari bersinar di Bernabéu bersama Real Madrid hingga bertugas bersama Juventus dan Manchester United, hingga akhirnya mendarat di rumahnya saat ini, Al Nassr dari Liga Pro Saudi. 

Namun di mana pun lokasinya, ada satu hal yang tetap sama, Ronaldo masih mendapatkan gaji yang sangat besar. Dia memperoleh sekitar US$260 juta selama 12 bulan terakhir, menjadikannya atlet dengan bayaran tertinggi di dunia untuk keempat kalinya dalam karirnya. 

Forbes memperkirakan kontrak Ronaldo dengan Al Nassr memberinya US$200 juta musim ini, dan sebagai salah satu peseoak bola paling sukses di dunia olahraga, Ronaldo memperoleh US$60 juta lagi di luar lapangan dari portofolio dukungan yang antara lain mencakup Nike, Binance, dan Herbalife.

Daftar 10 atlet dengan bayaran tertinggi menurut Forbes, yang pendapatannya melebihi US$100 juta per tahun:

1. Cristiano Ronaldo - US$260 juta

Perkiraan total pendapatan Ronaldo sebesar US$260 juta atau sekitar Rp4,15 triliun, tertinggi sepanjang masa untuk seorang pemain sepak bola, menjadikannya atlet dengan bayaran tertinggi di dunia untuk keempat kalinya dalam karirnya. 

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh gaji tahunannya yang sangat besar sebesar US$200 juta di Al Nassr. Penyerang berusia 39 tahun ini memimpin liga dengan mencetak 33 gol dan meraih penghargaan Pemain Terbaik Bulan Ini pada bulan Agustus, September, Desember, dan Maret. 

Dia juga merupakan aset yang sangat berharga bagi para sponsor, dan sering kali menghubungkan mitranya ke 629 juta pengikut Instagram-nya, di samping kesepakatan lain dengan Nike, Herbalife, Clear Haircare, dan, yang terbaru, Whoop. 

Ronaldo juga berutang cek sebesar US$10,5 juta dari mantan klubnya, Juventus, setelah arbiter memutuskan tim Serie A tersebut masih menghadapi tunggakan gaji sejak pemotongan gaji akibat pandemi Covid-19.

2. Jon Rahm - US$218 juta

Keputusan Rahm untuk bergabung dengan LIV Golf pada bulan Desember lalu sangatlah menguntungkan, bahkan di luar jaminan sebesar US$350 juta yang dia terima untuk mengikuti tur yang didukung Saudi tersebut. 

Meskipun pemain asal Spanyol ini belum pernah memenangkan satu pun turnamen LIV, dia juga telah memperoleh US$6,6 juta dari tujuh turnamen pada 2024, yang akan menempatkannya di urutan keenam dalam daftar uang resmi PGA Tour musim ini. 

Rahm juga ditunjuk untuk menjadi kapten tim ke-13 LIV, Legion XIII, sebuah gelar yang bakal memberinya 25% saham di waralaba liga.

3. Lionel Messi - US$135 juta

Kedatangan Messi di Miami merupakan sebuah pencerahan bagi klub barunya, Inter Miami, yang berhasil meningkatkan penjualan tiket, mengadakan tur pramusim global yang inovatif dan menambahkan sejumlah sponsor yang menguntungkan, termasuk kemitraan dengan Royal Caribbean, kesepakatan jersey paling bersejarah di MLS. 

Forbes memperkirakan Inter Miami kini menjadi franchise paling bernilai kedua di Major League Soccer dengan nilai US$1,03 miliar, dan klub memperkirakan dapat meningkatkan pendapatan dari US$118 juta pada 2023 menjadi lebih dari US$200 juta tahun ini. 

Sementara itu, Messi juga tampil prima sesuqi ekspektasi. Pemenang Ballon d’Or delapan kali itu mencetak 10 gol dalam sembilan pertandingan pertamanya musim ini dan baru-baru ini menjadi pemain MLS pertama yang mencatatkan lima assist dalam satu pertandingan. 

Di luar lapangan, Messi menambahkan Lowe's ke grup sponsor yang mencakup Adidas, Apple, dan Konami. Dia juga dilaporkan bermitra dengan pembuat White Claw Hard Seltzer untuk meluncurkan minuman olahraganya sendiri musim panas ini.

4. LeBron James - US$128,2 juta

Masa depan James bersama Los Angeles Lakers menjadi bahan spekulasi besar setelah kembali tersingkir dari playoff dengan mengecewakan. 

MVP empat kali itu memiliki opsi pemain senilai US$51,4 juta dengan timnya. Namun, dia juga juga telah menyatakan keinginan untuk bermain dengan putra sulungnya, Bronny, yang mendaftarkan diri untuk NBA Draft sambil mempertahankan kelayakan kuliahnya. 

Sementara itu, James akan membuat penampilan terakhirnya di Olimpiade karena Tim AS bertujuan untuk memenangkan medali emas di Paris musim panas ini. 

Selain dari NBA, James menambahkan kemitraan dengan DraftKings pada Januari dan bergabung dengan banyak selebriti yang berinvestasi dalam usaha komersial baru di dunia golf, PGA Tour Enterprises.

5. Giannis Antetokounmpo - US$111 juta

Antetokounmpo sedang dalam masa pemulihan setelah cedera betisnya. Bintang Milwaukee Bucks itu, menjalani pergantian pelatih di tengah musim dan tak berdaya menyaksikan timnya tersingkir di babak pertama playoff. 

Di luar lapangan, namanya terus menanjak. Antetokounmpo meluncurkan perusahaan produksi pada Januari, menambahkan kemitraan dengan minuman ringan Starry Pepsi pada Februari dan meluncurkan sepatu sneaker keenamnya dengan Nike pada akhir tahun ini.

6. Kylian Mbappe - US$110 juta

 Kepergian Mbappé dari Paris Saint-Germain akan mengakhiri eksperimen tim super PSG senilai US$1,3 miliar, karena superstar Prancis berusia 25 tahun itu diperkirakan akan mewujudkan impian masa kecilnya dengan bergabung dengan klub raksasa Spanyol, Real Madrid, musim depan. 

Meski mengoleksi enam dari kemungkinan tujuh gelar Ligue 1 selama masa jabatannya, PSG gagal memenangkan Liga Champions dengan Mbappé dalam daftar pemainnya. 

Menang atau kalah, dia tetap sangat aktif di luar sepak bola. Mbappé membentuk perusahaan produksi pada 2022, yang bermitra dengan NBA, dan memiliki kesepakatan antara lain dengan Nike, Hublot, dan Oakley.

7. Neymar - US$108 juta

Untuk membujuknya bergabung dengan sepak bola Arab Saudi Al Hilal tahun lalu, Neymar dilaporkan menerima paket gaji yang berisi fasilitas, termasuk akses ke jet pribadi, armada mobil mewah, dan rumah besar dengan staf penuh. 

Namun masa jabatannya dimulai dengan awal yang tidak menguntungkan. Pada Oktober lalu, saat bermain di pertandingan kualifikasi Piala Dunia, bintang Brasil itu mengalami cedera ACL, mengakhiri musim klubnya dengan hanya memainkan lima pertandingan antara Liga Pro Saudi dan Liga Champions AFC. 

Namun, hal itu tidak menghentikan Neymar untuk menandatangani kesepakatan dukungan baru. Sejak cederanya, dia telah menambahkan Skims ke portofolionya, meluncurkan sepatu sepak bola baru bersama Puma dan bermitra dengan Fun Brands untuk mengembangkan lini koktail dan mocktail miliknya sendiri.

8. Karim Benzema - US$106 juta

Benzema, yang memenangkan Ballon d’Or pada 2022, meninggalkan Real Madrid sebagai pemain bebas tahun lalu dan bergabung dengan tim Liga Pro Saudi Al Ittihad. 

Namun, musim pertamanya bersama Al Ittihad terganggu oleh masalah kesehatan, itulah sebabnya dia kembali ke klinik Real Madrid di bawah pengawasan mantan dokternya di Spanyol.

9. Stephen Curry - US$102 juta

Ketajaman Curry terus berlanjut hingga fase akhir karirnya, memimpin NBA dengan 357 lemparan tiga angka musim ini dan mendapat tempat di daftar pemain Tim AS di Olimpiade musim panas ini. 

Dia juga memiliki kekuatan di luar lapangan, menandatangani kesepakatan baru dengan Under Armour tahun lalu yang akan berakhir hingga masa pensiunnya dengan saham senilai US$75 juta yang akan diangsur secara merata antara 2029 sampai 2034. 

Curry Brand kini juga telah berkembang melampaui nama bintang basket itu, menandatangani point guard Sacramento Kings De'Aaron Fox pada bulan Oktober dan guard Carolina Selatan MiLaysia Fulwiley pada bulan November. 

Curry juga melebarkan sayapnya di depan kamera, ikut membintangi mockumentary mendatang yang dipesan langsung ke serial oleh Peacock.

10. Lamar Jackson - US$100,5 juta

Lamar Jackson masuk sepuluh besar berkat bonus penandatanganan US$72,5 juta yang dia terima dengan kontrak baru Baltimore Ravens tahun lalu, yang dinegosiasikan sendiri. 

Quarterback berusia 27 tahun ini merayakannya dengan mendapatkan penghargaan NFL MVP keduanya setelah memimpin Ravens dengan rekor 13-4 dan gelar divisi AFC Central. 

Di luar lapangan, Jackson bekerja dengan Oakley dan StatusPro, pembuat video game realitas virtual NFL Pro Era. Dia juga memiliki serangkaian bisnis termasuk restoran soul food, perusahaan produksi, label rekaman, dan lini pakaian bernama Era 8.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper